Aneka Makanan yang Dapat Meningkatkan Kecerdasan Otak

Ilustrasi Otak

AREANEWS.ID – Memiliki kecerdasan otak sangat perlu untuk meningkatkan produktivitas kerja. Mereka yang kecerdasan otaknya di atas rata-rata akan menghasilkan produk yang lebih baik dan lebih banyak dibanding yang kecerdasannya di bawah rata-rata.

Orang yang memiliki otak yang cerdas, selain faktor genetik, juga kebutuhan nutrisinya terpenuhi. Terdapat beberapa nutrisi yang dapat membantu kecerdasan otak, yaitu kolin, senyawa polifenol, vitamin K hingga kafein. Nutrisi tersebut tersebar dalam sejumlah makanan sehat.

Bacaan Lainnya

Sebagaimana dilansir sehatq.com, inilah beberapa makanan yang dapat meningkatkan kecerdasan otak:

1. Sayur Brokoli

Sayur brokoli kaya dengan vitamin K. Beberapa studi menemukan, konsumsi vitamin K berkaitan dengan meningkatnya daya ingat otak. Vitamin ini juga membantu pembentukan sphingolipids, jenis lemak yang penting untuk perkembangan otak.Tak hanya vitamin K, sayur brokoli juga kaya dengan molekul antioksidan dan zat yang melindungi dari peradangan.

2. Kopi

Dua komponen kopi, kafein dan molekul antioksidan, dapat membantu perkembangan otak. Selain itu, dengan menyeruput secangkir kopi di pagi hari, otak akan lebih terjaga karena dapat menghambat adenosin, senyawa kimiawi otak yang membuat Anda mengantuk.

3. Ikan Berlemak Sehat

Ikan berlemak sehat boleh jadi makanan untuk otak yang paling disarankan. Omega-3 merupakan nutrisi kunci yang dapat membantu meningkatkan perkembangan organ tersebut karena digunakan tubuh untuk membangun sel saraf dan sel otak.Beberapa contoh ikan yang bisa Anda konsumsi untuk membantu perkembangan otak yaitu sarden, kembung, kerapu, salmon, makarel, herring, dan tuna.

4. Buah Jeruk

Buah yang populer ini merupakan salah satu sumber vitamin C, vitamin yang membantu mencegah penurunan kesehatan mental, serta melindungi diri dari penyakit Alzheimer.Vitamin C juga menjadi salah satu molekul antioksidan untuk melawan radikal bebas yang dapat memicu kerusakan sel otak.Selain buah jeruk, vitamin C juga terkandung dalam paprika, jambu biji, kiwi, tomat, dan stroberi.

5. Telur

Telur menjadi salah satu makanan untuk otak yang sangat mudah ditemukan. Makanan ini mengandung beberapa nutrisi penting, seperti vitamin B6 (piridoksin), vitamin B12 (kobalamin), vitamin B9 (folat), dan kolin.Kolin merupakan nutrisi yang diperlukan tubuh untuk memproduksi asetilkolin, neurotransmitter yang berperan dalam pengendalian mood dan daya ingat.

6. Teh Hijau

Sama seperti kopi, teh hijau juga mengandung kafein yang membantu meningkatkan konsentrasi, di samping juga membuat Anda lebih terjaga, performa kerja, daya ingat, dan daya fokus.Selain kafein, teh hijau juga menjadi sumber L-theanine, sejenis asam yang dapat melewati pembatas darah dan otak serta meningkatkan performa neurotransmitter GABA.

7. Produk Kedelai

Kedelai dan olahannya juga menjadi makanan untuk otak yang sangat mudah dicari. Produk kedelai kaya dengan polifenol, molekul antioksidan. Polifenol dapat menurunkan risiko demensia dan meningkatkan kemampuan kognitif.

8. Berries

Buah-buahan berry juga mengandung polifenol, molekul antioksidan yang dikenal bermanfaat untuk otak.

9. Biji Labu

Menurut sebuah studi, biji labu adalah makanan untuk otak yang mengandung banyak antioksidan. Berbagai antioksidan ini dapat menjaga tubuh dan otak dari kerusakan akibat radikal bebas.Ditambah lagi, biji labu juga mengandung banyak nutrisi yang baik untuk otak, sebut saja magnesium, zinc, dan tembaga.

10. Kunyit

Kunyit adalah makanan untuk otak cerdas selanjutnya. Rempah-rempahan yang bisa menyedapkan makanan ini mengandung senyawa aktif bernama kurkumin. Menurut sebuah riset, ia dapat langsung menembus ke dalam otak dan membawa dampak baik bagi sel-sel di sana.

 

Sumber:Sehatq.com
Editor: Qatrunnada

Pos terkait