Ortu Perlu Tahu Cara Mendidik Anak yang Baik di Era Digital

Ilustrasi transpormasi digital

AREANEWS.ID – Rasulullah SAW. bersabda: “Ajarilah anak-anakmu sesuai dengan zamannya, karena mereka hidup di zaman mereka bukan pada zamanmu. Sesungguhnya mereka diciptakan untuk zamannya, sedangkan kalian diciptakan untuk zaman kalian”.

Mendidik anak-anak tidak bisa disamakan sebagaimana Anda dulu dididik orang tua. Masa Anda beda dengan masa yang dijalani oleh anak yang lahir pada era digital. Sehingga cara mendidiknya disesuaikan dengan zaman.

Bacaan Lainnya

Dikutip dari Kemdikbud.go.id, era digital adalah masa ketika informasi mudah dan cepat diperoleh serta disebarluaskan menggunakan teknologi digital. Teknologi digital adalah teknologi yang menggunakan sistem komputerisasi yang terhubung internet.

Berkembangnya teknologi digital yang cukup pesat memiliki banyak manfaat. Termasuk resiko yang cukup besar akan dialami generasi milenial, apabila salah memanfaatkan teknologi dengan baik.

Di sini dibutuhkan peran aktif orang tua agar tidak salah memanfaatkan teknologi. Jangan sampai anak jadi korban resiko teknologi. Lalu bagaimana cara mendidik anak yang benar di era digital? Dilansir Popmama.com, inilah beberapa cara mendidik anak di era digital.

1. Komunikasi Dua Arah

Dibutuhkan komunikasi dua arah dalam mendidik anak-anak zaman sekarang. Orang tua tidak hanya sekedar melarang atau memberi instruksi kepada anak saja, tetapi juga menilai sebagai pendengar yang baik dan memberikan solusi atas segala permasalahan yang dihadapi anak.

Komunikasikan secara terbuka hal-hal apa saja yang belum pantas dilakukan atau dilihat anak.

2. Kembangkan Bakat Anak

Ada banyak manfaat yang bisa diperoleh dari kecanggihan teknologi. Melalui gadget dan internet, proses belajar anak menjadi lebih variatif dan menyenangkan.

Manfaatkan teknologi untuk mengembangkan bakat anak. Misalnya, jika anak memiliki bakat memasak, menjahit atau menari, Mama bisa memutar video tutorial yang bisa ditiru atau menjadi inspirasi bagi anak.

3. Pantau Aktivitas Anak

Batasi screen time (waktu untuk menggunakan teknologi, seperti game) untuk anak. Buatlah kesepakatan dengan anak kapan boleh menggunakan gadget dan berapa lama pemakaiannya.

Selain itu, sesuaikan pula jenis konten apa saja yang boleh dan tidak boleh dilihatnya. Atur pola pengaturan pada gadget agar anak tidak dapat melihat konten orang dewasa.

4. Beri Contoh yang Baik

Anak adalah peniru ulung. Maka berilah contoh yang baik untuk anak-anak. Buat kesepakatan dengan pasangan untuk tidak memegang gadget dalam bentuk apapun, baik itu ponsel ataupun laptop, selama jam-jam tertentu dimana anak sedang membutuhkan perhatian orangtuanya.

5. Ajak Anak Menerapkan Teknologi Kehidupan Sehari-hari

Si Kecil yang tumbuh di era digital ini, sebaiknya memang dikenal pada kecanggihan teknologi sedini mungkin. Sehingga sekolah perlu memberikan pembelajaran mengenai manfaat dan resiko teknologi. Supaya mereka tidak salah memanfaatkan kemajuan teknologi.

Sumber:Popmama.com
Editor: Qatrunnada

Pos terkait