Beberapa Event Besar Digelar Pada Momentum Hari Jadi Sumenep ke-754

Pengendara saat melintas di pintu utama Pemkab Sumenep. Foto: Qatrunnada/AreaNews.id

AREANEWS.ID, SUMENEP – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sumenep, Jawa Timur pada bulan Oktober ini akan menggelar beberapa event besar. Sejumlah event ini merupakan rangkaian kegiatan Hari Jadi Sumenep ke-754.

Pada momentum istimewa ini terdapat sekitar 10 pagelaran yang dihelat. Mulai Drag Race (8 Oktober 2023), Festival Musik Tong-tong se-Madura (14 Oktober 2023), MTB Bumi Jokotole (15 Oktober 2023), Sumenep Tennis Tournament (20-23 Oktober 2023).

Bacaan Lainnya

Termasuk pula Motocross Championship (21-22 Oktober 2023), Prosesi dan Pawai Budaya Hari Jadi Sumenep di Kota Tua Kalianget (28 Oktober 2023), Old Community Gathering (28 Oktober 2023), Madura Nigh Vaganza (28-29 Oktober 2023), Haul Raja-raja Sumenep (29 Oktober 2023).

Guna mensukseskan beberapa rangkaian kegiatan Hari Jadi itu, pemerintah daerah menggandeng berbagai komunitas. Mereka dilibatkan secara langsung untuk memberikan kontribusi positif untuk memasukan kabupaten dengan lambang Kuda Terbang.

“Kegiatan-kegiatan tersebut digelar untuk melestarikan budaya dan mengenalkan sejarah Kabupaten Sumenep, sekaligus untuk mempromosikan potensi wisata,” kata Bupati Sumenep, Achmad Fauzi Wongsojudo pada Senin, 9 Oktober 2023.

Menurutnya, kegiatan-kegiatan ini diharapkan dapat menjadi daya tarik bagi wisatawan untuk berkunjung ke kabupaten yang memiliki sejumlah objek wisata yang bagus. Dari itu memberikan efek dalam pengembangan ekonomi masyarakat.

“Kami berharap, kegiatan-kegiatan ini dapat menjadi momentum untuk mempromosikan potensi wisata dan menggerakkan ekonomi di Kabupaten Sumenep,” harapnya.

Mantan Wakil Bupati itu lebih lanjut menjelaskan, pihaknya tidak hanya mengundang masyarakat Madura. Tetapi juga mengundang masyarakat luar Madura, termasuk dari berbagai kota di Indonesia.

“Kami mengundang masyarakat Jawa Timur untuk hadir dan merasakan aura seni budaya dan tradisi Kabupaten Sumenep,” katanya sambil tersenyum.

Penulis: R. Hidayat
Editor: Qatrunnada

Pos terkait