Tujuh Dokter Internship di RSUD dr. Moh. Anwar Sumenep

Gedung RSUD dr. Moh. Anwar. Foto: Qatrunnada/AreaNews.id

AREANEWS.ID, SUMENEP – RSUD dr. Moh. Anwar Sumenep, Jawa Timur menjadi salah satu rumah sakit wahana dokter internship 2023.

Internsip merupakan poses pemantapan mutu profesiĀ dokterĀ untuk menerapkan kompetensi yang diperoleh selama pendidikan, secara terintegrasi, komprehensif dan mandiri.

Bacaan Lainnya

Direktur RSUD dr. Moh.Anwar Sumenep, dr. Erliyanti melalui Kasubag Humas, Arman Endika Putra menjelaskan, dokter internship bukan dokter yang baru belajar. Tetapi mereka yang sudah selesai lulus pendidikan dokter yang memiliki kewajiban sebelum bekerja secara mandiri untuk mengabdikan diri di sarana pelayanan kesehatan pemerintah.

“Jadi mereka sudah lulus pendidikan dokter. Kami adalah salah satu wahana dokter internship,” katanya pada Senin, 10 Juli 2023.

Mereka melakukan hal sama seperti yang dilakukan para dokter yang bertugas di rumah sakit plat merah tersebut. Beberapa waktu lalu mereka melakukan penyuluhan. Sasarannya pasien yang berkunjung ke poli gigi.

“Karena kebetulan internship gigi yang melakukan penyuluhan,” terang Arman.

Dokter internship selama satu tahun akan melakukan pemantapan sebelum akhirnya praktek secara mandiri. Tujuannya untuk memperkaya pengalaman dari teori yang mereka dapatkan di bangku kuliah.

Pada tahun ini terdapat tujuh dokter internship yang di tempatkan di rumah sakit terbesar di kabupaten dengan lambang Kuda Terbang. Mereka terdiri dari berbagai perguruan tinggi di Indonesia.

“(Mereka) campuran dari berbagai perguruan tinggi. Jadi Kementerian Kesehatan membuka peluang untuk melakukan internship di sini,” ujarnya.

Lebih lanjut Arman menjelaskan, setelah selesai menjalani masa magang, sebagian dari dokter internship tersebut bisa saja bertugas di rumah sakit dr. Moh. Anwar. Sementara sebagian yang lain praktek mandiri di sejumlah rumah sakit lainnya.

Penulis: Hokiyanto
Editor: Qatrunnada

Pos terkait