Pemkab Siapkan 7 Bus Mudik Gratis Jakarta-Sumenep

AREANEWS.ID, SUMENEP – Pemerintah Kabupaten Sumenep, Jawan Timur punya kepedulian terhadap warganya yang merantau khususnya di Jakarta. Pasalnya, pemerintah pada Idul Fitri 1445 hijriah menyediakan program mudik gratis.

Kepala Dinas Perumahan Rakyat, Kawasan Permukiman dan Perhubungan Kabupaten Sumenep Yayak Nurwahyudi mengatakan bahwa program mudik gratis tidak ada perubahan rute dengan tahun lalu, yakni tetap dengan rute Jakarta-Sumenep.

Bacaan Lainnya

“Tahun ini ada lagi program mudik gratis rutenya dari Jakarta ke Sumenep. Kalau dari daerah lain seperti dari Surabaya dan lainnya ke Sumenep itu menggunakan yang disediakan Pemprov Jawa Timur,” katanya pada Kamis, 21 Maret 2024.

Diketahui, selama sekitar 10 tahun terakhir banyak warga Sumenep yang merantau ke ibu kota. Mereka mayoritas sebagai pedagang toko sembako. Sehingga wajar ketika pemerintah daerah memilih rute Jakarta-Sumenep dalam program gratis ini.

Pada tahun ini pemerintah menyiapkan 7 bus untuk mudik gratis. Program tersebut diberikan sebagai salah satu pelayanan, selain itu untuk mengurangi beban biaya yang harus dikeluarkan bagi pemudik.

“Disediakan 7 bus kalau kuotanya dan sekarang sudah memenuhi jumlah itu dikoordinir yang tugas di lapangan,” ujarnya.

Mantan Kepala Dinas Komunikasi dan Informasi lebih lanjut menjelaskan, jadwal mudik gratis lebaran 2024 akan berangkat pada Sabtu, 6 April 2024. Untuk titik kumpul, jika tidak ada perubahan lokasi di parkir sisi timur Stadion Gelora Bung Karno, Jakarta dan akan berakhir di depan Pendopo Keraton Sumenep.

Penulis: R. Hidayat
Editor: Hokiyanto

Pos terkait