Festival Layangan LED, Bupati Fauzi: Kegiatan Berbasis Budaya

Bupati Achmad Fauzi melihat aneka layangan LED di Pantai Lombang. Foto:Humas Pemkab Sumenep/AreaNews.id

AREANEWS.ID, SUMENEP – Pemerintah Kabupaten Sumenep, Jawa Timur terus berinovasi melalui beberapa kegiatan. Terbaru menggelar Festival Layangan LED yang di tempatkan di wisata Pantai Lombang, Sumenep, pada Rabu 26 April 2023 malam.

Terdapat puluhan peserta yang ikut memeriahkan festival tersebut. Mereka menghiasi layangannya dengan berbagai warna lampu LED hingga terlihat menarik dan sukses menyedot ribuan penonton.

“Festival Layangan LED ini merupakan kegiatan berbasis budaya, mengingat layangan adalah salah satu budaya yang masih menarik dan diminati masyarakat,” kata Bupati Sumenep Achmad Fauzi yang hadir langsung menyaksikan secara langsung.

Politisi PDI P lebih lanjut menjelaskan, di tengah era teknologi saat ini, perlu diadakan kegiatan bernuansa budaya lokal untuk membendung permainan digital seperti game online yang kian marak.

“Permainan modern yang mulai menggempur generasi muda harus diimbangi dengan kegiatan budaya lokal salah satunya permainan layangan ini,” terang Bupati.

Selain pelestarian budaya, tutur bupati, melalui festival layangan LED, sebagai media promosi wisata Pantai Lombang termasuk objek wisata lainnya, di Kabupaten Sumenep kepada masyarakat luar daerah.

“Festival ini, bagian penunjang potensi pariwisata daerah untuk menarik kunjungan wisatawan, setelah wabah Covid-19 yang melanda Indonesia dan dunia dua tahun terakhir,” tandasnya.

Sementara itu, Panitia Penyelenggara Festival Layangan LED, Mujib menambahkan, peserta layangan LED 2023 sebanyak 67 layangan, dengan berbagai macam bentuk.

“Peserta di antaranya berasal dari masyarakat umum, Desa dan Organisasi Perangkat Daerah (OPD),” pungkas Mujib.

Penulis: R. Hidayat
Editor: Qatrunnada

Pos terkait