Kiai di Madura Menyambut Positif Kedekatan Anis Waswedan dengan Sayyid Ahmad Al Maliki

Sayyid Ahmad Al Maliki saat meniup ubun-ubun Anies Baswedan. Foto: Istimewa

AREANEWS.ID, BANGKALAN – Beredar video kedekatan Anies Rasyid Baswedan, dengan ulama kenamaan Arab Saudi, Sayyid Ahmad Al Maliki. Meski hanya video berdurasi pendek, sejumlah ulama dan kiai memiliki harapan besar, bahwa Indonesia ke depan akan dipimpin presiden yang dekat dan cinta ulama.

Terlebih, ulama yang ikut mendoakan Anies Baswedan di Makkah al-Mukarramah, ialah ulama Sunni yang menjadi rujukan kiai dan ulama dunia. KH Abdulloh Khon Thobroni, di Bangkalan, pun ikut merasa senang dengan kejadian langka yang belum tentu bisa dilakukan tokoh lainnya asal Indonesia.

Memang seperti yang diketahui Kiai Abdulloh Khon Thobroni, bahwa Sayyid Ahmad Al Maliki dan leluhurnya, dikenal sebagai ulama Arab Saudi yang memiliki kedekatan emosional dengan Indonesia. Terlebih, ayah dan kakek Sayyid Ahmad Al Maliki, dikenal sebagai guru para kiai dan ulama besar di Indonesia.

Kiai asal Bangkalan itu menjelaskan, video yang mempelihatkan Sayyid Ahmad Al Maliki, membuka peci Anies, mengusap ubun-ubun Anies, sembari membacakan doa dan diakhiri dengan meniup kening mantan Gubernur DKI Jakarta tersebut, seperti mengisyaratkan bahwa ulama karismatik Arab Saudi itu telah memberi restu dan dukungan untuk Anies Baswedan maju calon presiden.

“Saya ikut senang melihat ada sosok calon presiden, yang bisa diterima ulama besar dunia,” katanya dalam keterangan tertulis yang diterima AreaNews.id pada Selasa, 4 Juli 2023.

Terlebih kata Kiai Abdulloh Khon Thobroni, dirinya tahu betul tentang sosok Anies Baswedan yang pernah dia temui di Sampang, beberapa waktu lalu.

Perlu diketahui, bahwa kedekatan Anies Baswedan dengan Sayyid Ahmad Al Maliki, bukan baru-baru ini terjalin karena Anies bakal maju calon Presiden Republik Indonesia. Karena sebelum Anies Baswedan menjabat Gubernur DKI Jakarta pun, keduanya sudah pernah bertemu di tahun 2017 silam.

Tidak hanya pertemuan biasa. Keakrabannya pun tidak hanya sekedar di depan kamera media. Saking perhatiannya ke Anies Baswedan, Sayyid Ahmad Al Maliki yang jumpa dengan Anies Baswedan saat itu, sampai memberi hadiah kenang-kenangan cincin bermata hijau, sebagai tanda persahabatan keduanya.

Jika jauh mengenal tentang riwayat leluhur Sayyid Ahmad Al Maliki yang begitu dekat dengan Anies Baswedan, bahwa dia merupakan putra Sayyid Muhammad Al Maliki. Ayahandanya dikenal sebagai Mujaddid abad ke 20 dan ke 21.

Selain terkenal sebagai ulama Sunni, mendiang ayahnya produktif sebagai pengarang kitab. Salah satu karyanya yang terkenal, Mafahim Yajib an Tusahhah (meluruskan kesalahpahaman).

Kakeknya, As-Sayyid Alawi Al Maliki, seorang ulama terkemuka di Makkah dan merupakan salah satu penasehat Raja Faisal. Selain itu, sang kakek dikenal sebagai guru dari banyak ulama di Indonesia.

Beberapa sumber mengatakan, bahwa saking dekatnya dengan Indonesia, kakeknya pun pernah dalam setiap periodesasi angkatan pendidikan, hanya menerima murid asal Indonesia.
Sejumlah ulama Indonesia yang pernah menjadi muridnya, seperti KH. Maimun Zubair (Mbah Moen), Tuan Guru Zaenuddin Abdul Majid, KH Abdullah Syafi’i, KH Idam Khalid, KH. Abdullah Faqih, dan lainnya. (*)

Pos terkait