Komitmen Tingkatkan Mutu Sepak Bola, Askab PSSI Sumenep Latih 35 Wasit

AREANEWS.ID, Sumenep – Asosiasi Kabupaten (Askab) PSSI Sumenep, Jawa Timur mengadakan kursus lisensi C-III. Kursus ini sebagai bentuk keseriusan Ketua Askab PSSI Sumenep, H. Hairul Anwar dalam meningkatkan profesionalitas para wasit sepak bola.

“Ini salah satu program Askab mengadakan program kursus C-III nasional yang bekerjasama dengan Asprov Jatim,” kata H. Hairul Anwar, Senin 5 September 2022.

Bacaan Lainnya

Kegiatan yang akan berlangsung selama 7 hari ini diikuti 35 peserta. Mereka terdiri dari beberapa kabupaten di Jawa Timur, selain Sumenep juga dari Situbondo, Kediri dan Banyuwangi. Selama 7 hari mereka akan mendapatkan pembinaan untuk menjadi wasit yang profesional.

“Karena ini kolaborasi dengan Asprov, sehingga ada juga peserta yang dari luar Sumenep. Seperti dari Situbondo dan Kediri,” terangnya.

Dengan diadakannya kursus tersebut, dia berharap infrastruktur pertandingan sepak bola semakin baik dan maju. Apalagi dalam kursus ini terdapat satu peserta wasit wanita. Wasit yang masih muda ini berasal dari Kediri.

“Wasit wanita ini akan membangkitkan semangat bagi pecinta sepak bola. Bahwa sepak bola bukan hanya untuk laki-laki. Tetapi perempuan juga memiliki andil besar dalam memajukan sepak bola. Perempuan bisa bermain dan memimpin pertandingan sepak bola,” ujar Hairul.

Diketahui, pembukaan kursus lisensi C-III dihadiri sejumlah pejabat terkait, di antaranya, Ketua KONI Sumenep, Sutan Jadi Cahyadi, Kepala Disparbudpora Sumenep, Moh. Iksan dan anggota Exco PSSI Jatim, Johan Susanto.

“Kami mengapresiasi Askab PSSI Sumenep. Kami lihat wasit-wasit di Sumenep ini sudah senior semua. Semoga dengan digelarnya kursus lisensi C-III muncul wasit-wasit yang besar. Apalagi wasit di Sumenep bisa naik ke C-II,” katanya usai membuka acara.

Penulis: Hokiyanto
Editor: Qatrunnada

Pos terkait