Merasa Ditipu, Kiai dan Puluhan Santri Ngluruk Kantor TAF

Demonstran bersama Lora Muhammad Salim Syam saat berdemo di depan kantor TAF Jember. Foto: dwisugestimega/Areanews.id

AREANEWS.ID, JEMBER– Muhammad Salim Syam bersama puluhan santrinya mendatangi Kantor Toyota Astra Finance (TAF) pada Kamis, 06 Juli 2023 di Jl. Gajah Mada, Jember, Jawa Timur lantaran merasa ditipu terkait leasing terhadap mobil miliknya.

Pengasuh salah satu pondok pesantren di Jember ini mengaku telah menjadi nasabah di TAF selama enam tahun dan melakukan kredit kendaraan berupa mobil sejak 2017 lalu. Kredit menunggak pembayaran selama 2 bulan 24 hari sebelum mobilnya ditarik paksa.

“Saya diminta ke kantor TAF untuk menyelesaikan tunggakan itu. Nah setibanya di kantor kunci mobil diambil dengan alasan akan dilakukan pengecekan fisik, tapi kuncinya tidak dikembalikan,” katanya saat ditemui beberapa media.

Di sana, lanjut Salim, dirinya diminta mengisi pernyataan relaxasi, namun tanpa diketahui ternyata itu merupakan form penyerahan mobil. Saat hendak mengambil mobilnya, pihak TAF tidak mengizinkan alias telah menarik mobil tersebut.

“Ya saya merasa ditipu sekaligus dirugikan, karena dari awal saya tidak pernah melakukan kontrak penjabalan ini,” tegasnya

Mobil bisa diambil dengan syarat, pihaknya melunasi total tagihan sebesar Rp 108 juta rupiah. Tetapi di dalam nota terdapat biaya penarikan sebesar Rp 22 Juta.

Sampai berita ini ditulis, pihak Salim dan TAF melakukan audiensi yang dimediasi oleh pihak Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Jember dan belum menghasilkan keputusan.

Penulis: Dwi Sugesti Mega
Editor: Hokiyanto

Pos terkait