HPN 2023, PWI Sumenep Ziarah ke Makam Wartawan Senior

Pengurus PWI saat ziarah pers di makan wartawan senior. Foto: Hokiyanto/AreaNews.id

AREANEWS.ID, Sumenep – Menjelang perayaan Hari Pers Nasional (HPN) tahun 2023 dan Hari Ulang Tahun (HUT) Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) sejumlah wartawan yang tergabung di PWI Sumenep, Jawa Timur melakukan ziarah pers ke makam wartawan senior, pada Rabu 8 Pebruari 2023.

Ziarah pers merupakan kegiatan rutin tahunan PWI Sumenep yang dilaksanakan menjelang perayaan HPN. Hal ini sebagai bentuk penghormatan kepada para pendahulu yang telah memberikan banyak kontribusi dalam dunia jurnalistik.

Bacaan Lainnya

Ketua PWI Sumenep M.Syamsul Arifin dalam kesempatan tersebut menyampaikan, hal itu sebagai salah satu bagian dari cara menghargai dan menghormati jasa para pengurus terdahulu dalam membesarkan PWI.

“Ini sebenarnya acara rutin setiap tahun kita lakukan, ya paling tidak ziarah kubur ini, selain mengingatkan kita kepada kematian, kita juga memberikan penghormatan kepada senior-senior PWI Sumenep, khususnya yang kita ziarahi mantan Ketua dan Sekretaris” katanya.

Menurutnya, para generasi (wartawan) saat ini, khususnya yang tergabung dalam PWI Sumenep harus banyak belajar kepada para pendahulunya, baik cara bekerja sebagai jurnalis maupun cara berprilaku selama menjadi wartawan.

“Dulu di Madura, PWI pertama ya di Kabupaten Sumenep, dan di sinilah salah satu cikal bakal wartawan terhimpun dan terbentuk. Hingga saat ini, wartwan yang ada tidak lepas dari berdirinya PWI di Sumenep” ungkapnya.

Dia berharap, momentum HPN akan menjadi sebuah spirit bagi sebuah perjuangan para kuli tinta di kabupaten dengan lambang kuda terbang, untuk terus berkarya demi kemajuan bangsa dan negara Indonesia tercinta.

“Dengan HPN 2023 ini, semoga kita senantiasa tetap berpedoman pada undang undang pers tahun 1999, yang notabene adalah pilar ke empat bangsa ini. Tentu kita harus senantiasa menyuguhkan informasi-informasi yang mendidik bagi masyarakat demi terciptanya pers yang bermartabat” tukasnya.

Penulis: Hokiyanto
Editor: Qatrunnada

Pos terkait