Beri Golden Tiket, Bentuk Apresiasi UIN KHAS Jember Bagi Peserta SPNA Penghafal Al-Qur’an

Peserta seleksi SPNA UIN KHAS Jember. Foto:Humas UINKHAS/AreaNews.id

AREANEWS.ID, JEMBER – Kabar gembira bagi peserta Seleksi Prestasi Non Akademik (SPNA) di Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq (KHAS) Jember, Jawa Timur. Pasalnya pihak panitia memberikan golden tiket khusus bagi penghafal Al-Qur’an.

Tentu saja hal itu tidak diberikan cuma-cuma. Para Hafiz-Hafizah setidaknya telah memiliki hafalan minimal 15 juz. Dibuktikan dengan syahadah atau ijazah, dan membacakan hafalannya di depan para penguji.

Bacaan Lainnya

“Kehadiran mereka (hafidz) pasti membawa barokah bagi kampus,” kata Yulianto Koordinator Sekretariat Penerimaan Mahasiswa Baru jalur Seleksi Prestasi dan Non Akademik (SPNA), pada Rabu, 13, Juli 2023

Dirinya menyebut, keputusan ini sebagai bentuk penghormatan dan apresiasi kampus kepada para hafiz-hafizah.

Meskipun belum disidangkan pada rapat setting kelulusan, para hafidz yang sudah menghafal 15-30 Juz ini sudah bisa dipastikan lulus. Hal ini berdasarkan rumus pada aplikasi yang digunakan, bahwa kategori prestasi Hifdzil Al-Qur’an 15-30 Juz rata-rata telah purna mencukupi angka kredit penilaian yang dibutuhkan.

Untuk diketahui, SPNA merupakan jalur ujian khusus pada ujian masuk mandiri UIN KHAS Jember. Untuk mendaftar pada jalur ini, cukup memiliki prestasi non akademik yang diujikan melalui mekanisme wawancara dan verifikasi berkas oleh para penguji.

Jalur prestasi khusus ini, diikuti oleh 66 peserta, dan delapan diantaranya merupakan peserta dengan prestasi Hifdzil Al-Qur’an 15-30 Juz. Jalur seleksi ini akan diumumkan nanti pada 16 Juli 2023 mendatang.

Kendati demikian, bagi yang belum lolos seleksi jalur khusus ini, masih ada jalur ujian seleksi sistem elektronik (SSE) yang juga bagian dari serangkaian UM Mandiri UIN KHAS Jember.

“Bagi yang tidak lulus, masih ada kesempatan mendaftar pada ujian SSE UM Mandiri,” tutup Yuli.

Penulis: Dwi Sugesti Mega
Editor: Hokiyanto

Pos terkait