Membanggakan! UIN KHAS Jember Ukir Prestasi di Ajang OASE 2023

Kontingen UIN KHAS Jember dalam OASE II 2023 kategori media pembelajaran. Foto: WIldan Hermansyah/AreaNews.id

AREANEWS.ID, JEMBER– Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq (KHAS) Jember, Jawa Timur patut berbangga.

Pasalnya, baru-baru ini berhasil meraih prestasi di ajang Olimpiade Agama Sains dan Riset Perguruan Tinggi Keagamaan Islam (OASE II) se-Indonesia 2023 yang digelar di UIN Syarif Hidayatullah Jakarta pada 14-17 Juni 2023.

Bacaan Lainnya

Dalam ajang bergengsi tersebut, kontingen UIN KHAS Jember berhasil meraih juara tiga dalam inovasi media pembelajaran mengalahkan ratusan peserta lain.

Adapun produk yang akhirnya mendapat juara adalah berupa aplikasi artikel biologi terbimbing (Guided biology Artikel).

Aplikasi ini akan membantu dalam proses penyususnan atau pengerjaan artikel yang di dalamnya dilengkapi fitur bantuan atau konsultasi terkait pengerjaan pertahap.

“Nantinya siswa akan dibantu mulai pengerjaan pendahuluan, isi sampai ke kesimpilan dari artikel. Alasan kami membuat aplikasi ini untuk meningkatkan kompetensi siswa agar mampu berfikir 4C (critical thinking, communication dan collaboration) di era kurikulum merdeka saat ini,” Kata Wildan Hermansyah, anggota Kontingen UIN KHAS Jember dalam ajang OASE pada Senin, 19 JUni 2023 saat diwawancarai AreaNews.id

Aplikasi ini, lanjutnya, dibuat juga berdasarkan tema, yakni sustainable development goals yang mengedepankan pendidikan berkualitas yang dikhususkan bagi siswa SMA dan sederajat yang tengah berada di bangku kelas X.

“Kami berharap, produk yang kami hasilkan mampu menjadi aplikasi yang utuh dan digunakan secara penuh di mana pun tenaga pendidik mengaksesnya. Karena tujuan utama kami membuat media pembelajaran ini adalah agar mampu berkontribusi, membantu pendidikan, utamanya mata pelajaran biologi,” tutur Mahasiswa semester 8 Program Studi Pendidikan Biologi tersebut.

penulis: Dwi Sugesti Mega
Editor: Hokiyanto

Pos terkait