Menurut Dokter, Ini Batas Usia Anak Boleh Gunakan Skincare

Ilustrasi

AREANEWS.ID – Anak suka meniru apa yang dilakukan orang tua. Termasuk anak perempuan yang suka meniru kebiasaan orang tua menggunakan skincare. Anak tidak tahu apakah secara kesehatan sudah diperbolehkan melakukan perawatan kulit atau belum. Lalu umur berapa anak baru diperbolehkan menggunakan skincare?

Menurut Dokter kulit Ika Ayu sebagaimana dilansir Tempo.co, anak baru diperbolehkan menggunakan skincare pada usia 11 tahun. Tetapi dengan produk perawatan kulit yang memiliki kandungan yang ringan.

Bacaan Lainnya

Dia mencontohkan, sabun cuci muka yang memang sesuai dengan usianya. “Yang pasti pH-nya yang rendah atau seimbang,” jelas Ika.

“Sunblock juga wajib. Apalagi yang sudah akil balig. Meski belum punya KTP, masih 12 tahun, tapi sudah memiliki. Jadi sangat penting, minimal SPF 30.” ujarnya.

Ika menjelaskan selain produk tersebut, anak usia 11-15 tahun belum membutuhkan produk perawatan kulit lain karena kandungan produk lain, seperti krim malam, belum dibutuhkan untuk jenis kulit anak dengan rentang usia tersebut.

“Kalau untuk memakai krim malam dan lain-lain anak umur itu belum perlu dilihat. Itu mungkin di atas 26. Kalau di bawah umur, yang awal-awal kenali dulu skincare yang ringan,” jelasnya.

Oleh sebab itu, Ika mengingatkan para remaja yang tidak sembarang mengikuti tren perawatan kulit. Sebelum membeli, mereka perlu mengetahui terlebih dahulu jenis kulit masing-masing. Jika menggunakan produk tersebut sesuai tren, dapat menyebabkan timbulnya masalah kulit. Lebih dari itu, anak dengan rentang usia 11-15 tahun masih tergolong rentan.

“Sebelum beli skincare, yang pertama kali adalah kita harus kenal kulit kita dulu. Mengenali kulit itu sangat penting karena jenisnya macam-macam. Jangan ikut-ikutan teman atau jangan ikut-ikutan artis Korea karena belum tentu kulit kalian sama dengan mereka,” papar Ika.

“Selain itu, enggak bisa disamakan juga kulit Indonesia dengan kulit Korea, apalagi bule. Terlepas dari apa yang tren di luar sana, kita harus kembali lagi ke diri kita karena belum tentu cocok.” ujarnya.

Terakhir, Ika juga mengingatkan agar membeli produk perawatan wajah yang memang benar-benar dibutuhkan kulit. Dengan demikian, perawatan kulit pun akan lebih optimal.

“Kedua, harus tahu kandungannya. Apakah kita sudah perlu? Misal umur 17 sampai 21 tahun. Apakah perlu pakai anti aging ? Jadi, selain sesuai jenis, sesuaikan kebutuhan juga dengan umur,” tukas Ika.

Sumber:tempo.co
Editor: Qatrunnada

Pos terkait