Pemkab Sumenep Kembali Raih WTP

Bupati Fauzi saat menerima penghargaan dari BPK RI. Foto: Humas Pemkab Sumenep/AreaNews.id

AREANEWS.ID, SUMENEP – Pemerintah Kabupaten Sumenep, Jawa Timur tahun ini kembali meraih opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) dari Badan Pemeriksa Keuangan Republik Indonesia (BPK RI). Dengan prestasi ini, Pemkab Sumenep genap enam kali berturut-turut menerima WTP.

Bupati Sumenep, Achmad Fauzi menerima laporan hasil pemeriksaan (LHP) BPK atas Laporan Keuangan Pemerintah Daerah (LKPD) tahun anggaran 2022, di Kantor Badan Pemeriksa Keuangan Republik Indonesia (BPK RI) Perwakilan Provinsi Jawa Timur, Kamis, 25 Mei 2023.

Bacaan Lainnya

Pada kesempatan itu, bupati didampingi Sekretaris Daerah, Ir. Edy Rasiyadi dan Kepala Inspektorat Kabupaten Sumenep R. Titik Suryati.

“Prestasi ini merupakan hasil kerja keras dan sinergitas dengan elemen masyarakat dalam meningkatkan kualitas penyelenggaraan pemerintahan demi kesejahteraan masyarakat,” kata Fauzi.

Dari itu, pihaknya berterima kasih kepada seluruh ASN dan pimpinan OPD yang telah bekerja keras dalam mempertahankan opini WTP hingga enam kali berturut-turut.

“Tujuan kami bukan hanya mempertahankan, tapi juga meningkatkan pelayanan bagi masyarakat,” ujarnya.

Lebih lanjut ia menegaskan, penyelenggaraan pemerintahan yang bersih, transparan dan akuntabel merupakan kewajiban pemerintah untuk membangun daerah. Dengan demikian, bupati juga berharap kepada seluruh unsur pemerintah dan ASN di lingkungan Pemkab untuk menjadikan prestasi opini WTP sebagai motivasi meningkatkan kinerja, khususnya dalam melaksanakan penggunaan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD).

“Opini WTP ini harus tetap menjadi pendorong semangat seluruh ASN, agar selalu mengelola keuangan dengan penuh tanggung jawab,” harapnya.

Diketahui, Pemkab Sumenep meraih opini WTP dari BPK secara berturut-turut sejak sejak LKPD tahun anggaran 2017, 2018, 2019, 2020, 2021 dan LKPD 2022.

Penulis: R. Hidayat
Editor: Hokiyanto

Pos terkait