Bupati Salwa Apresiasi Uji Publik Hafalan Al-Qur’an di SDN 1 Wringin

Siswa SDN 1 Wringin saat uji publik. foto: Abdur Rakib/AreaNews.id

AREANEWS.ID, BONDOWOSO –  Bupati Bondowoso, Jawa Timur Salwa Arifin menghadiri  uji publik hafalan Al-Qur’an jus 30 dan jus 29 para pelajar SD Negeri 1 Wringin. Mereka membacakan berbagai surat yang telah mereka hafalkan di hadapan Bupati Salwa Arifin, dan Kepala Dinas Pendidikan Bondowoso, Sugiono Eksantoso, pada Minggu 25 Juni 2023 malam.

Bupati Salwa Arifin mengucapkan selamat dan apresiasi atas terselenggaranya Khotmil  Qur’an dan uji publik tahfidz jus 30 dan 29. “Saya berbangga, teryata SDN Wringin 1 mampu menampilkan siswa-siswinya yang mampu menghafal Al Qur’an,” ujarnya.

Bacaan Lainnya

Ia menyebutkan bahwa orang tua haruslah berbangga hati atas prestasi anaknya yang menghafal Al-Qur’an. Karena, nantinya akan menjadi amal di akhirat baik orang tua, dan guru yang mendidik belajar Al-Qur’an.

“Walaupun sekarang tak pakai toga (di dunia, Red) tapi di akhirat akan menggunakan mahkota yang terbuat dari cahaya,” jelasnya.

Pria yang juga merupakan Pimpinan Ponpes Manbaul Ulum, Tangsil Wetan, Kecamatan Wonosari ini, pun mengajak para tahfidz ini meningkatkan hafalan ke jus berikutnya.

“Anda jangan pesimis, harus optimis karena kalian punya guru, maka harus optimis, rajin lagi menghafal Al-Qur’an,” urainya.

Pada kesempatan itu, Bupati Salwa Arifin sempat menguji kemampuan hafalan para pelajar membaca surat-surat Al Qur’an jus 29 dan 30 secara acak.

Kepala Dinas Pendidikan Bondowoso, Sugiono Eksantoso, menambahkan bahwa pihaknya terus mendorong agar sekolah-sekolah menyelenggarakan hafalan Al-Qur’an. Salah satunya melalui ekstrakurikuler penghafal Al-Qur’an di sekolah.

“Saya dorong tak hanya kegiatan 10-15 menit baca Al-Qur’an.  Tapi juga ekstrakurikuler,” katanya.

Diketahui di Bondowoso terdapat program literasi mengaji Al-Quran yang dikenal dengan akronim Tajin Karah. Program ini merupakan besutan Kepala Dinas Pendidikan Bondowoso, Sugiono Eksantoso.

Inovasi ini bahkan sempat menjadi juara inovasi antar OPD. Selanjutnya, akan mewakili Bondowoso di tingkat Provinsi.

Dari kegiatan Tajin Karah ini sudah lahir ribuan penghafal Al-Quran. Hal ini bisa terlihat di sepanjang pelaksanaan safari ramadan 1444 H yang digelar Dinas Pendidikan Bondowoso, Bupati Salwa Arifin dan Wakil Bupati Irwan Bachtiar Rahmat telah mewisuda hampir 1.000 penghafal Al Qur’an.

Mereka merupakan pelajar KB, TK, SD, hingga SMP di bawah naungan Dinas Pendidikan, yang menghafal Al Qur’an jus 30, jus I, serta jus 30 dan I.

Penulis: Abdur Rakib

Editor: Hokiyanto

Pos terkait