KPU Bondowoso Gelar Simulasi Tahapan Pemungutan dan Penghitungan Suara Pemilu

KPU Bondowoso saat melakukan simulasi pemungutan dan penghitungan suara pemilu. Foto: Abdur Rakib/AreaNews.id

AREANEWS.ID, BONDOWOSO – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Bondowoso, Jawa Timur menggelar simulasi pemungutan dan penghitungan suara untuk Pemilihan Umum (Pemilu) 2024. Simulasi dilaksanakan di Tempat Pemungutan Suara (TPS) 03 Desa Koncer Darul Aman, Kecamatan Tenggarang pada Rabu, 27 Desember 2023.

Dalam simulasi, terdapat perbedaan pelaksanaan di TPS antara Pemilu 2024 dibanding 2019 lalu. Pada 2024 nanti plastik kotak suara dibuat berlapis. Sementara di bagian luar dibungkus plastik, dan logistik di dalamnya juga dibungkus plastik lagi. Hal itu agar lebih aman jika terkena hujan.

Bacaan Lainnya

Adapun alur pemungutan suara sama dengan Pemilu sebelumnya. Pertama, pemilih menyerahkan undangan di pendaftaran dan mendapatkan lima surat suara.

Masing-masing warna abu-abu untuk Presiden, kuning untuk DPR RI, merah DPD RI, biru untuk DPRD Provinsi dan hijau DPRD kabupaten.

Pemilih kemudian menuju bilik suara dan mencoblos calon pilihan mereka. Setelah itu memasukkan surat suara ke kotak sesuai dengan kode warna. Terakhir pemilih mencelupkan jari ke tinta.

Simulasi ini, KPU menggunakan kotak suara dan bilik suara asli seperti yang akan digunakan pada tanggal 14 Februari 2024 mendatang.

Sementara untuk surat suara, form C6 atau undangan, dan beberapa logistik lainnya hanya tiruan. Termasuk nama partai menggunakan nama buah, dan nama caleg juga palsu, tidak seperti yang ada pada surat suara yang asli.

Surat suara yang diterima oleh KPPS sesuai dengan jumlah daftar pemilih tetap (DPT) ditambah 2 persen surat suara cadangan.

Simulasi ini diikuti DPT TPS 03, 23 PPK, Ketua KPU, Komisioner Bawaslu, Camat Tenggarang, Kepala Desa Koncer Derul Aman, perwakilan Polsek dan dari Koramil setempat.

Penulis: Abdur Rakib
Editor: Hokiyanto

Pos terkait