Ratih Diah Terpilih Sebagai Ketua APHI Jember

AREANEWS.ID, JEMBER – Aliansi Perjuangan Honorer Independen (APHI) berganti kepengurusan. Pergantian itu, dilaksanakan di Perumahan Griya Mangli, Kabupaten Jember, Jawa Timur, pada Sabtu, 30 Desember 2023.

Dari hasil 40 peserta yang mewakili Puskesmas se- Kabupaten Jember, Ratih Diah Palupi memperoleh dukungan suara 32. Sementara Dedi Hardianto honorer Puskesmas Sumbersari hanya mendapatkan 8 suara.

Bacaan Lainnya

“Pemilihan ini, sudah sesuai dengan AD/ART. Yang hadir perwakilan puskesmas dan sepakat,” kata Anas, salah seorang panitia kegiatan.

Anas menilai, hasil dari pemilihan itu disepakati oleh perwakilan puskesmas yang hadir. “Semua sepakat, karena kita butuh berjuang. Semua sepakat, butuh peremajaan,” katanya.

Sementara Ratih Diah, Ketua terpilih mengaku bahwa amanah yang dipercayakan padanya adalah berat. “Tetapi demi perjuangan dan dukungan teman-teman, bismillah,” katanya.

Perjuangan itu sendiri, dikatakan Ratih, tidak lepas dari ketua sebelumnya yang telah gigih berjuang hingga mendapat SK Bupati.

“Mas Rendra adalah peletak dasar dari pergerakan dan perjuangan ini, kami hanya tinggal melanjutkan. Alhamdulillah beliau sudah menjadi ASN,” ujar Ratih.

Honorer bidan Puskesmas Sukowono ini juga membeberkan, ruh perjuangan APHI adalah perjuangan khusus untuk honorer.

“Kita ingin berjuang bersama. Sesuai namanya independen. Kami ingin independen tanpa intervensi dari pihak manapun,” ucapnya.

Kendati begitu, perempuan lulusan Poltekes Malang ini mengaku tetap siap, bersinergi dengan pihak manapun.

“Termasuk dengan pemerintah, lintas organisasi dan masyarakat umum. Selama masih bisa menguntungkan, kita terbuka,” harapnya.

Penulis: Widowati
Editor: Qatrunnada

Pos terkait