Garda Bangsa dan NKI Mengajak Masyarakat Bondowoso Kurangi Penggunaan Kantong Plastik

Ketua Dewan Koordinator Cabang (DKC) Garda Bangsa Bondowoso, Achmad Muhyidin membagikan kantong ramah lingkungan. Foto: Abdul Rakib/AreaNews.id

AREANEWS.ID, BONDOWOSO – Garda Bangsa dan Nasim Khan Institut (NKI) mengajak masyarakat Bondowoso, Jawa Timur mengurangi penggunaan kantong plastik sekali pakai.

LAksi tersebut dilakukan sambil lalu membagikan 1.000 kantong ramah lingkungan pada Car Free Day (CFD) di Alun-alun Ki Bagus Asro Ronggo, Minggu 4 Juni 2023.

Bacaan Lainnya

Ketua Dewan Koordinator Cabang (DKC) Garda Bangsa Bondowoso, Achmad Muhyidin, mengajak masyarakat agar memulai gaya hidup hijau. Minimal dengan tidak menggunakan kantong plastik sekali pakai.

Melalui gerakan nyata ini pihaknya berharap masyarakat sadar bahwa kondisi alam sedang rusak karena ulah manusia.

“Dengan ini kami Bakti sosial (Baksos) membagikan kantong ramah lingkungan yang bisa digunakan sehari- hari. Agar masyarakat sadar bahaya kantong plastik,” katanya.

lanjut dia mayampaikan, Garda Bangsa sebagai organisasi sayap PKB berharap pemerintah juga membuat Peraturan Daerah (Perda) yang menegaskan stop penggunaan kantong plastik.

Pihaknya menilain penting karena tanpa ada peran pemerintah maka usaha dalam hal mengurangi sampah plastik ini tidak akan maksimal. “Kami berharap pemerintah mengeluarkan Perda untuk stop penggunaan kantong plastik,” pintanya.

Dia sadar sosialisasi untuk tidak menggunakan kantong plastik sekali pakai tidak cukup hanya sekali. Karena itulah, pihaknya akan terus melakukan aksi-aksi serupa di berbagai kesempatan lainnya.

”Aksi nyata ini setidaknya bisa mengurangi sampah plastik. Selain itu, diharapkan aksi ini bisa menginspirasi masyarakat dan para tokoh untuk turut melakukan gaya hidup hijauku,” katanya.

Sementara itu, Direktur Nashim Khan Institut, Aurangzeb mengatakan, aksi peduli terhadap lingkungan ini bukan semata hanya dilakukan saat musim tahun-tahun politik. Melainkan pihaknya komitmen terhadap apa yang bisa diperbuat untuk kebaikan dan kemaslahatan masyarakat.

“Memang kita sayap pergerakan dari Bang Nashim. Kita akan selalu ada bukan hanya tahun-tahun politik,” urainya.

Melihat itu, pihaknya tak akan berhenti di sini untuk terus mengajak masyarakat menjaga alam. Salah satunya, NKI juga akan melakukan aksi reboisasi dan kegiatan lainnya.

“Kita ingin mengadakan penanaman pohon, kita juga berharap reboisasi ini didukung kesadaran masyarakat,” pungkasnya.

Penulis: Abdur Rakib
Editor: Hokiyanto

Pos terkait