Antisipasi Potensi Tsunami, Pemuda Jember Lakukan Penghijauan Pantai

Warga bersama anggota KP3S melakukan kerja bakti membersihkan lokasi pantai Paseban yang akan direboisasi. Foto dwisugestimega/AReaNews.id

AREANEWS.ID, Jember – Pemuda di Kabupaten Jember, Jawa Timur punya kepedulian yang baik terhadap kelestarian alam. Penghijauan di pesisir pantai Desa Paseban, Kecamatan Kencong ini diinisiasi kelompok pemuda yang peduli pada lingkungan.

Kegiatan itu berawal dari keresahan mereka melihat pantai yang gersang. Mereka mulai melakukan langkah-langkah perbaikan dengan melakukan penanam pohon.

Bacaan Lainnya

Ketua Koperasi Produsen Pemuda Pesisir Selatan (KP3S), Irfanudin mengatakan, pelestarian wilayah pesisir menjadi penting dilakukan mengingat potensi tsunami yang menghantui wilayah Jember.

“Kami punya apa lagi selain pantai, jadi sebelum kena hukum alam, kami yang bakal melestarikan alam,” katanya saat diwawancarai AreaNews.id, Kamis 12 Januari 2023.

Pemuda yang karib disapa Cak Ir sejak dua tahun terakhir mulai membuahkan hasil. Buktinya seluas 8 hektar wilayah pesisir Paseban telah memiliki tumbuhan hijau.

Selain melestarikan lingkungan, koperasi ini juga telah berhasil mengangkat perekonomian Desa Paseban. Karena terdapat pemberdayaan para anggotanya berupa pembuatan cerutu.

“Daripada mereka ngangur, jadi saya kasih keterampilan. Kan lumayan, karena nantinya hasil dari penjualannya akan dipergunakan untuk mereka juga,” imbuhnya.

Penulis: Dwi Sugesti Mega
Editor: Hokiyanto

Pos terkait