Pemkab Bondowoso Komitmen Tingkatkan Minat Baca Masyarakat

Bupati Bondowoso, KH. Salwa Arifin saat memberikan keterangan pers. Foto: Sugianto/AreaNews.id

AREANEWS.ID, Bondowoso – Pemerintah Kabupaten Bondowoso, Jawa Timur berkomitmen untuk meningkatkan minat baca masyarakat. Salah satu upaya yang dilakukan dengan cara terus melakukan sosialisasi pentingnya budaya membaca.

Hal tersebut juga sebagai tindak lanjut program yang dicanangkan tahun lalu berupa Gerakan Literasi Daerah (Gelida) yang telah terbentuk hingga tingkat desa.

Bupati Bondowoso, KH. Salwa Arifin mengaku telah melakukan beragam upaya dalam membangun minat baca di wilayah yang dipimpinnya.

“Kami yakin Bondowoso akan melesat dengan adanya gerakan literasi dan menulis,” katanya, Rabu, 9 Februari 2022.

Sementara itu, Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Bondowoso, Alun Taufana menambahkan, gerakan literasi daerah diharapkan dapat meningkat lagi setelah sebelumnya dihantam pandemi.

“Kami berharap gerakan literasi daerah di Bondowoso bangkit lagi setelah sebelumnya turun keangka 47 ribu dari 153 ribu jumlah pengunjung Perpustakaan Bondowoso. Kita punya Bunda Literasi Daerah untuk mendorong pengembangan literasi di desa,” katanya.

Ia mengklaim kehadiran Gelida sendiri mendapatkan respon positif dari masyarakat. Terlihat dari mulai banyaknya terbentuknya Gelida di tingkat-tingkat komunitas hingga sekolah-sekolah.

“Respon masyarakat luar biasa, terutama Parisakatu dan Gendongan,” tukasnya.

Penulis:Sugianto
Editor: Hokiyanto

Pos terkait