Puluhan Grup Tong-tong Meriahkan Hari Jadi Sumenep ke-754

Puluhan ribu masyarakat menyaksikan musik tong-tong. Foto: R. Hidayat/AreaNews.id

AREANEWS.ID, SUMENEP – Peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-754 Kabupaten Sumenep, Jawa Timur cukup meriah. Buktinya, sebanyak 40 grup tong-tong memeriahkan hari jadi kabupaten dengan lambang Kuda Terbang.

40 grup tong-tong tidak hanya berasal dari Sumenep. Melainkan juga berasal dari Kabupaten Pamekasan dan Kabupaten Sampang. Mereka tampak antusias ikut serta merayakan perayaan tahunan tersebut.

Bacaan Lainnya

Bupati Sumenep, Achmad Fauzi Wongsojudo dalam sambutannya saat pembukaan menyampaikan apresiasinya. “Antusias mereka sangat luar biasa untuk menyemarakkan kegiatan hingga pesertanya mencapai 40 grup,” katanya pada Sabtu 14 Oktober 2023 malam.

Bupati mengatakan, antusiasme masyarakat sangat tinggi untuk menyaksikan secara langsung pelaksanaaan festival, karena penonton tidak hanya berasal dari Kabupaten Sumenep.

Musik tong-tong ini diberangkatkan dari sebelah utara Taman Adi Pura dengan perempatan Desa Pangarangan, Kecamatan Kota. Puluhan ribu masyarakat tampak antusias menyaksikan pertunjukan bergensi.

“Semoga, festival musik tong-tong ini menjadi media bagi masyarakat khususnya generasi muda yang suka bermain musik, agar bisa menunjukkan kemampuan dan karyanya,” kata Fauzi.

Lebih lanjut Ketua DPC PDI Perjuangan Sumenep berharap, melalui musik tong-tong mampu meningkatkan kebersamaan dalam keberagaman.

“Kebudayaaan ini merupakan perpaduan berbagai alat musik yang menjadi satu harmoni,” tukasnya.

Perlu diketahui, dalam acara tersebut, grup tong-tong Angin Ribut sebagai juara umum. Angin Ribut ini berasal dari Kecamatan Pasongsongan.

Penulis: R. Hidayat

Editor: Qatrunnada

Pos terkait