KPU Bakal Coret Bacaleg Ganda

Komisioner KPU Jember Divisi teknis Penyelenggaraan Pemilu, Achmad Susanto. Foto: dwisugestimega/Areanews.id

AREANEWS.ID, JEMBER– Hingga akhir tahapan pencermatan Daftar Calon Sementara (DCS) pada 3 Oktober lalu, KPU Jember, Jawa Timur menemukan seorang Bacaleg ganda eksternal.

Ganda eksternal adalah seorang Bacaleg di DPRD Kabupaten Jember terdaftar di dua partai. Persoalan ini harus diselesaikan sebelum 18 Oktober 2023 mendatang.

Bacaan Lainnya

Hal itu dijelaskan Anggota Komisioner KPU Jember Divisi teknis Penyelenggaraan Pemilu, Achmad Susanto. Hasil verifikasi administrasi masih ditemukan satu Bacaleg ganda eksternal perempuan. Hal itu akan merusak tatanan jumlah bacaleg yang berada di satu dapil tertentu. Sebab mempengaruhi presentase 30 persen keterwakilan perempuan.

“Otomatis dia harus pilih salah satunya, karena hal ini akan berpengaruh terhadap partai tersebut,” katanya saat ditemui di kantornya, pada Jumat 13 Oktober 2023.

Tidak menutup kemungkinan akan berdampak pada pencoretan Bacaleg lain dari parpol yang ditinggalkan. “Karena keterwakilan perempuan juga kita perhatikan. Pencoretan dari partai tidak terpilih disesuaikan dengan kuota perempuan 30 persen,” jelasnya.

Soal identitas Bacaleg dan parpol mana saja yang terlibat temuan ganda eksternal, Susanto enggan berkomentar. “Partainya lihat saja nanti ya pengumuman selanjutnya, yang jelas ini mantan incumbent” tutup Susanto.

Penulis: Dwi Sugesti Mega
Editor: Hokiyanto

Pos terkait