Kirab Pemilu Tiba di Bondowoso, KPU Jatim: Ciptakan Pemilu Luber Jurdil

AREANEWS.ID, BONDOWOSO – Kirab Pemilu 2024 akhirnya tiba di Kabupaten Bondowoso, pada Minggu 17/9/2023.

Kirab yang mengarak 18 bendera partai politik (Parpol), serta maskot Pemilu itu, diserah terimakan dari KPU Situbondo kepada KPU Bondowoso.

Bacaan Lainnya

Kirab Pemilu 2024 dimulai sejak 14 Februari 2023 atau tepat satu tahun menuju hari pemungutan suara. Kirab Pemilu, dilepas serentak kala itu di tujuh penjuru Indonesia.

Selanjutnya, secara estafet dari kabupaten/kota tempat dimulainya kirab itu secara bergiliran berestafet, sambung menyambung ,dan nanti akhirnya pada bulan November akan sampai di ibukota, sampai di kantor KPU Pusat.

Di Bondowoso, penyambutan kirab Pemilu berlangsung meriah di Alun-alun Ki Bagus Asra. Ragam tarian daerah dan modern, serta penampilan tarik suara para pelajar disuguhkan tepat di pelataran Monumen Gerbong Maut.

Pelepasan rombongan kirab diarak dari Alun-alun Ki Bagus Asra menuju Kantor KPU Bondowoso. Seluruh komisioner KPU Bondowoso, menaiki kereta kencana, diikuti iring-iringan petugas Pemilu dari berbagai unsur, dan drumband.

Ketua Komisioner KPU Kabupaten Bondowoso, Junaidi, mengatakan, pelaksanaan kirab Pemilu ini untuk mensosialisasikan hari pemungutan suara. Sekaligus edukasi pemilihan pada masyarakat.

“Perbedaan pemilihan itu wajar, tapi jangan sampai terjadi membuat disharmoni sasi sosial,” tuturnya.

Sementara itu, Komisioner KPU Provinsi Jawab Timur, Gogot Cahyo Baskoro mengatakan, dalam kasat mata ini yang dilihat adalah bendera partai politik peserta Pemilu.

Namun, sebenarnya yang dikirab ini adalah semangat untuk melaksanakan Pemilu yang Langsung Umum Bebas dan Rahasia (LUBER) – Jujur dan Adil (JURDIL).

“Tujuan utamanya untuk meningkatkan partisipasi masyarakat,” urainya.

Bupati Salwa Arifin, dalam kesempatan itu mengajak masyarakat untuk terus menjaga persatuan dan kesatuan serta kerukukan di tengah tahapan Pemilu.

“Mudah-mudahan Pemilu bisa berjalan suksessukses. Ayo sukseskan Pemilu 2024,” pungkasnya.

Penulis: Abdur Rakib
Editor: Hokiyanto

Pos terkait