Awasi DCS, Bawaslu Sumenep: Belum Ada Temuan

Ketua Bawaslu Sumenep, Achmad Zubaidi saat ditemui di ruang kerjanya. Foto: Hokiyanto/AreaNews.id

AREANEWS.ID, Sumenep – Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Sumenep, Jawa Timur saat ini melakukan pengawasan setelah Komisi Pemilihan Umum (KPU) mengumumkan Daftar Calon Sementara (DCS) dan klarifikasi atas tanggapan masyarakat.

Ketua Bawaslu Sumenep, Achmad Zubaidi mengungkapkan, pengawasan melekat dilakukan selama masa pengumuman dan tanggapan masyarakat terhadap DCS untuk calon anggota DPRD Kabupaten pada Pemilu 2024 mendatang.

Bacaan Lainnya

Sesuai tahapan Pemilu 2024, saat ini Komisi Pemilihan Umum (KPU) tengah mengungkan Bacaleg yang masuk DCS sekaligus meminta masukan dan tanggapan masyarakat berkaitan dengan pemenuhan persyaratan calon. Tetapi hingga hari ini belum ada temuan atau laporan dari masyarakat.

“Sejauh ini belum ada temuan berkaitan dengan syarat calon atas nama-nama Bakal Calon Legislatif (Bacaleg) yang diumumkan KPU dalam DCS,” terang Achmad Zubaidi saat ditemui AreaNews.id pada Rabu, 23 Agustus 2023.

Meski demikian, pihaknya akan tetap melakukan pemantauan terhadap pengumuman DCS termasuk proses klarifikasi oleh KPU atas laporan atau tanggapan masyarakat berkaitan dengan syarat Bacaleg.

Selain itu, pihaknya memastikan juga membuka aduan masyarakat terkait DCS. Masyarakat dapat melaporkan jika ada temuan soal ketidak sesuaian syarat calon yang telah diatur dalam PKPU Nomor 10 Tahun 2003, misalnya masih adanya ASN atau TNI-Polri yang masuk dalam DCS.

“Jika ada temuan masyarakat, silakan laporkan kepada kami,” tukas pria yang karib disapa Zubed sambil tersenyum.

Penulis: Hokiyanto
Editor: Qatrunnada

Pos terkait