Puluhan Oknum Perguruan Silat di Jember Diamankan Polisi

Puluhan pemuda yang berhasil diamankan saat oeristiwa pengerusakan rumah di Kecamatan Tanggul. Foto: video amatir/AreaNews.id

AREANEWS.ID, JEMBER-Warga Desa Tanggul Wetan, Kecamatan Tanggul, Jember Jawa Timur dikagetkan dengan perusakan rumah warga yang diduga dilakukan oknum anggota salah satu anggota perguruan pencak silat.

Kejadian yang terjadi pada Selasa, 22 Agustus 2023 tengah malam tersebut ditengarai bermula saat ratusan massa diduga anggota silat tersebut melakukan konvoi kendaraan dan masuk ke beberapa lokasi yakni Gumukmas, Silo serta Tanggul.

Bacaan Lainnya

Massa terlihat merusak rumah penduduk (IG). Bahkan memukuli salah satu warga hingga babak belur. Warga sekitar yang tersulut emosinya melakukan perlawanan dengan membalas serangan massa tersebut.

Polisi yang tiba dilokasi berusaha membubarkan massa dengan tembakan peringatan. Berdasarkan video yang beredar, setidaknya ada lima kali tembakan yang dilepas polisi dan berhasil membuat massa membubarkan diri.

“Menurut pengakuan, hal ini karena mereka mengira laporannya terkait pengeroyokan terhadap tiga anggotanya oleh 30 orang dari perguruan lain tidak segera ditangani oleh Polsek setempat,” kata Kasatreskrim Polres Jember, AKB Dika Hadian Widyan Wiratama pada Rabu, 23 Agustus 2023

Setidaknya terdapat 15 pemuda yang bergabung dalam kelompok massa itu berhasil diamankan beserta sepeda motornya. Mereka dibawa ke Polres Jember untuk dimintai keterangan lebih lanjut dengan status saksi.

Hingga sore tadi, jumlah saksi yang diamankan dari kejadian tersebut terus bertambah menjadi 19 orang.

“Kami masih mendalami keterlibatan dan peran mereka dalam kasus ini,” pungkasnya.

Penulis: Dwi Sugesti Mega
Editor: Hokiyanto

Pos terkait