Festival Busana Etnik dan Kuliner Warnai Hari Jadi Sumenep

AREANEWS.ID, Sumenep – Festival Busana Etnik mewarnai rentetan perayaan hari jadi yg ke 753 Kabupaten Sumenep, Jawa Timur, pada Minggu 23 Oktober 2022.

Festival Busana Etnik itu digelar oleh Pemkab Sumenep bekerjasama dengan Komunitas Jurnalis Sumenep (KJS). Tidak hanya busana etnik, juga kuliner dan lomba fotografi dengan tajuk Pelangi di Sumenep.

Bacaan Lainnya

Bupati Sumenep, Achmad Fauzi dalam sambutannya mengatakan, pasca pandemi Covid-19 Pemkab Sumenep melaksanakan sejumlah event, salah satunya Pelangi di Sumenep dalam rangka memeriahkan hari jadi ke-753 Kabupaten Sumenep.

“Tahun ini kami menggelar sejumlah event dalam rangka memperingati hari jadi yang ke 753 Kabupaten Sumenep. Salah satunya bekerjasama dengan teman-teman KJS yakni Pelangi di Sumenep,” kata Fauzi.

Menurutnya, peserta Festival Busana Etnik dari berbagai sekolah mencapai 70 orang, peserta Festival Kuliner Etnik 54 orang, dan peserta lomba Fotografi 50 orang lebih. Juri busana etnik salah satunya adalah Melati Tedja (Runner Up Putri Indonesia Jawa Timur 2022) sementara juri lomba kuliner etnik adalah Chef Budi Susanto.

“Peserta festival busana etnik menampilkan kostum dengan corak budaya Sumenep, seperti karapan sapi, sate, ayam bekisar, dan lainnya. Sementara peserta festival kuliner etnik menyajikan sejumlah makanan khas Sumenep, di antaranya, kaldu kokot dan soto campor,” ujarnya.

Bupati mengaku ingin membanggakan masyarakat Sumenep dengan pesta rakyat yang digelar pagi sampai malam. Bahkan selama momentum hari jadi ke-753, Pemkab Sumenep menggelar beberapa event besar lainnya yang akan menarik minat wisatawan berkunjung ke Sumenep.

“Tahun depan akan kami gelar dengan lebih meriah dan lebih besar lagi. Kami siap menyambut wisatawan lokal dan mancanegara. Semoga tidak ada kendala seperti Covid-19,” tukasnya.

Sementara itu, Ketua Komunitas Jurnalis Sumenep (KJS) Ahmad Sa’ie mengaku puas dengan event Pelangi di Sumenep yang dipadati ribuan pengunjung.

“Pelangi di Sumenep kali ini adalah event kedua serupa. Tahun 2019 lalu kami sukses melaksanakan Pelangi di Sumenep pertama. Ini akan menjadi event tahunan KJS bersama Pemkab Sumenep,” katanya.

Penulis: Qatrunnada
Editor: Hokiyanto

Pos terkait