Mahfud MD Mendukung KH. Achmad Siddiq Jadi Pahlawan Nasional

Mahfud MD bersama Rektor UIN KHAS Jember, Babun Soeharto saat berkunjung ke Kota Jember. Foto:Humas UIN KHAS Jember/AREANEWS.ID

AREANEWS.ID, JEMBER – Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menkopolhukam), Mahfud MD mendukung penuh usulan Kampus UIN KHAS Jember atas gelar kepahlawanan KH. Achmad Siddiq. Hal itu ia sampaikan saat berkunjung ke Kota Jember pada Minggu, 23 April 2023.

Mahfud menyebutkan, KH. Achmad Siddiq sangat layak menjadi Pahlawan Nasional melihat kiprah, gagasan, ide dan pemikiran, utamanya perjuangannya untuk kemerdekaan bangsa.

“Gagasan yang menarik dari beliau ini Trilogi Ukhuwah yakni, Islamiyah,Wathoniyah, Basyariyah yang kekinian menjadi cara pandang tren dan faktual dalam mewujudkan persatuan dan kerukunan umat bergama,” katanya.

Selain itu, KH. Achmad Siddiq merupakan Rois Aan PBNU yang memiliki banyk kontribusi, salah satunya yaitu hasil muktamar NU di Pondok Pesantren Salafiyah Syafi’iyyah, Sukorejo, Situbondo tentang asas tunggal Pancasila.

“Untuk itu saya mendukung usulan gelar Pahlawan Nasional untuk KH Achmad Siddiq ini,” tegas alumni Yogyakarta.

Dalam kunjungannya, Menteri asal Pulau Garam Madura itu disambut Rektor UIN KHAS Jember, Babun Soeharto. Keduanya merupakan sesama tretan dibik atau sama-sama berasal dari Madura.

Sebagai tali asih, dirinya diberi tiga karya UIN KHAS Jember sekaligus, yaitu Al-Qur’an terjemahan Bahasa Oseng, Buku Visi Kebanggaan Kiai Haji Achmad Siddiq Jember paradigma Keilmuan UIN KHAS Jember, dan Buku Moderasi Beragama Untuk Peradaban Dunia.

Penulis: Dwi Sugesti Mega
Editor: Hokiyanto

Pos terkait