HSN 2023, Rektor UIN Khas Jember: Perjuangan Santri Terdahulu Wajib Kita Tiru

Mahasiswa UIN Khas Jember menggelar Karnafal dalam Hari Santri Nasional. Foto: Humas UIN Khas Jember/AreaNews.id

AREANEWS.ID, JEMBER – Ribuan mahasiswa dan para akademisi Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Shiddiq (UIN KHAS) Jember, Jawa Timur merayakan dengan agenda Kirab Santri pada Senin, 23 Oktober 2023 pagi.

Mereka menggunakan atribut santri lengkap. Mahasiswa terlihat bersarung, memakai peci sambil membentangkan banner bertuliskan karnaval santri.

Bacaan Lainnya

Sambil berjalan berkeliling kampus dan memasuki perkampungan, mereka berbaris rapi. Lantunan sholawat juga ikut menggema dari peserta yang hadir.

Rektor UIN KHAS Jember Prof Hepni yang baru dilantik beberapa hari lalu ikut serta dalam kegiatan tersebut. Menurutnya, kegiatan karnaval atau kirab santri merupakan napak tilas untuk mengenang dan mengingat perjuangan para santri.

“Semangat pergerakan dan perjuangan santri terdahulu ini wajib kita tiru,” kata Prof. Hepni.

Lebih lanjut dia mengajak mahasiswa untuk memiliki spirit yang tinggi untuk dapat berbuat seratus persen untuk bangsa. Sebab, dia mengharapkan para mahasiswa memiliki karakter yang kesatria seperti halnya karakter para santri.

“Kita juga harus mampu meniru dan memiliki karakter kesantrian seperti keikhlasan, kesederhanaan dan berwawasan luas,” tukasnya.

Sementara salah satu mahasiswa, Ahmad mengaku senang dengan kegiatan itu. Dia paham bahwa sebenarnya santri adalah salah satu pejuang kemerdekaan Indonesia.

“Senang sekaligus mengerti, bahwa santri itu adalah pejuang dan peletak dasar perjuangan,” katanya.

Maka dari itu, kata dia, peringatan Hari Santri Nasional ini mengingatkan bahwa generasi bangsa harus bangga menjadi santri.

“Santri zaman ini luar biasa serba bisa dan siap pakai. Mau dipemerintahan siap, penegak hukum siap apapun siap. Bangga jadi santri,” katanya dengan wajah senang.

Penulis: Sari Widowati
Editor: Qatrunnada

 

Pos terkait