Jember Terpilih Jadi Tuan Rumah Asian Music Games 2023

Ketua Konferedasi Asian Marching Band, Kosin Suebprasitwong dan wakilnya, Sehat Kurniawan Saiman saat grand launching Asian Music Games (AMG) 2023 di Aula Pb Sudirman. Foto: dwisugestimega/AreaNews.id

AREANEWS.ID, JEMBER– Perhelatan Akbar Asian Music Games (AMG) 2023 akan digelar untuk pertamakalinya, dan Indonesia menjadi tuan rumah. Tepatnya di Kota Jember, Jawa Timur pada 23-08 Oktober 2023 mendatang.

Perlombaan Marching Band yang tercetus di tengah pandemi Covid-19 itu akan dihelat secara off line setelah sebelumnya diselenggarakan secara daring. Pada Rabu, 03 Mei 2023 grand launching AMG 2023 dilaksanakan di Aula PB Sudirman.

Dalam acara tersebut tampak dihadiri langsung Presiden Konferedasi Asian, Marching Band, Kosin Suebprasitwong.

Pria berkebangsaan Thailand tersebut didampingi wakilnya, Sehat Kurniawan Saiman, menyebutkan alasan memilih Indonesia sebagai tuan rumah perdana lomba marching band se-Asia tersebut.

“Marching band Kota Jember sangat luar biasa, mulai dari kondisi sampai fasilitas sudah sangat lengkap. Itulah mengapa Asian Konfederation Marching Band memilih Indonesia, khususnya Jember sebagai tuan rumah pertama AMG 2023,” katanya saat diwawancarai AreaNews.id pada Rabu, 03 Mei 2023 malam.

Sementara itu, Saiman menambahkan, karena ini level internasional, yang akan maju sebagai perwakilan Indonesia akan melalui tahapan seleksi pada 19-21 September 2023 mendatang. Kemudian dua hari terakhir akan ditandingkan final melawan negara Asia yang akan datang ke Jember.

“Akan ada 16 provinsi yang akan mengikuti seleksi AMG September mendatang, kemudian di dua hari terakhir seleksi akan ditandingkan dengan 21 negara Asia yang datang ke Jember,” ucap Saiman.

Untuk kategori yang diperlombakan dalam AMG di antaranya, individual solo, duet, serta beregu. Pada kategori beregu dibagi menjadi marching show, drumline battle serta colorguide contes. Sementara kategori duet terdiri dari colorguide, kategori alat tiup, dan perkusi.

Juri yang dihadirkan dalam AMG sendiri adalah mereka yang sudah terstandarisasi dan memiliki sertifikasi juri Asia yang dikeluarkan federasi Asia Marching Band.

“Total ada lima juri, dua dari Malaysia, sisanya berasal dari Jepang, Taiwan, dan Thailand,” pungkas Saiman.

Penulis : Dwi Sugesti Mega
Editor: Hokiyanto

Pos terkait