Sengketa Tanah Tak Kunjung Usai, Wartani Geruduk BPN Jember

Demonstran yang emosi dan merusak pagar berduri di depan Kantor BPN Jember pada Rabu, 07 Mei 2023. Foto: dwisugestimega/AreaNews.id

AREANEWS.ID, JEMBER – Ratusan warga yang tergabung dalam Warga Petani (Wartani) Desa Andongrejo dan Desa Curahnongko berbondong mendatangi Kantor Badan Pertanahan Nasional (BPN) Jember, Jawa Timur pada Rabu, 07 Juni 2023

Mereka menuntut percepatan pelepasan tanah seluah 323 ha di Desa Curahnongko yang tidak terselesaikan selama 25 tahun ke belakang.

Bacaan Lainnya

“Ini masalah perut dan tidak pernah ada penyelesaian. Kami mau tanah kembali, karena itu hak kami,” tegas , Ketua Wartani, Yateni di depan Kantor BPN Jember.

Demo mulai memanas saat massa hilang kesabaran karena tidak ditemui oleh BPN. Massa yang geram mendorong pagar berduri dan memaksa masuk ke halaman kantor BPN.

Tak lama setelah pengerusakan pagar berduri, akhirnya para demonstran ditemui Kepala BPN, Akhyar Tarfi. Dirinya mengapresiasi tindakan para demonstran.

Akhyar menyebut masalah ini adalah masalah lama yang membutuhkan waktu dalam proses penyelesaiannya.

“Kami berusaha menyelesaikan masalah Curahnongko ini, tapi bukan hanya kami yang berwenang, perlu koordinasi dengan pusat. Kami siap membantu dan berjuang bersama warga,” katanya.

Pihaknya berpesan agar para warga mempersiapkan data-data yang ada dan akan segera menyampaikan pada pimpinan yang ada di BPN pusat.

Pihak wartani yang mulai kondusif akhirnya mau diajak berdialog meski harus memblokade sepanjang Jl. KH Siddiq. Sampai berita ini ditulis, dialog masih berlangsung.

Penulis: Dwi Sugesti Mega
Editor: Hokiyanto

Pos terkait