Bentuk Ekosistem Kewirausahaan, UIN KHAS Jember Gelar Kuliah Umum Bareng Menpora

Rektor UIN KHAS Jember, Prof Babun Soeharto bersama Deputi Bidang Pengembangan Pemuda Menpora RI, Prof. Dr. KH. M. Asroun Ni'am Sholeh, saat acara kuliah kewirausahaan. Foto:Humas UIN KHAS JEMBER/Areanews.id

AREANEWS.ID, JEMBER– Kuliah Umum Kewirausahaan Pemuda oleh Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) Republik Indonesia digelar di Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq (KHAS) Jember, Jawa Timur pada Selasa, 06 Juni 2023

Kuliah umum yang dilaksanakan di 36 kampus ini dihadiri Deputi Bidang Pengembangan Pemuda Menpora RI, Prof. Dr. KH. M. Asroun Ni’am Sholeh, serta Staff khusus Menpora RI, Alia Noorayu Laksana.

Bacaan Lainnya

Menurut Asroun, dengan perkembangan teknologi digital hari ini, kesempatan mengembangkan kewirausahaan bagi pengusaha muda makin luas.

“Dulu mau mengembangkan usaha harus banyak yang disiapkan. Hari ini karena teknologi digital bisa sangat murah, mudah, dan efisien. Kuncinya pada kemauan , inovasi kreatif dan networking,” katanya saat diwawancarai AreaNews.id

Empat hal di atas, lanjutnya, pada hakikatnya sudah dimiliki oleh para anak muda, tinggal mengarahkan menuju sesuatu yang positif.

Kuliah wirausahaan hari ini dimaksudkan untuk menyadarkan bahwa setiap anak muda punya potensi dibidang kewirausahaan. “Potensi itu perlu ditumbuhkan dan dikembangkan di tempat yang tepat, dengan mentor yang tepat juga,” imbuhnya

Kuliah kewirausahaan ini juga diharapkan mampu menjadi pemantik utama di dalam mempercepat pertumbuhan wirausahawan muda melalui pendidikan, penyadaran dan pendampingan ekosistem kewirausahaan.

Dirinya juga menyebut, kendala yang sering dihadapi para pengusaha muda saat ini adalah terkait kemauan.

“Anak-anak muda yang ada di kampus secara mental sudah siap untuk berubah, belajar dan siap berinovasi. Tinggal dibentuk, berani mulai, dimotivasi kemudian digabung dengan pelaku usaha lain agar berjejaring dan terbentuk ekosistem kewirausahaan,” pungkasnya.

Selaras dengan Prof. Asroun, Rektor UIN KHAS Jember, Prof. Babun Soeharto juga mengatakan bahwa acara ini bertujuan untuk menumbuhkan wirausah baru bagi mahasiswa.

“Masalah Enterpreneur itu sangat di butuhkan. Harapannya ke depan potensi terkait wirausaha di kampus kita semakin membumi,” katanya.

Penulis: Dwi Sugesti Mega
Editor: Hokiyanto

Pos terkait