Aneka Kuliner Khas Jawa Timur, Mulai Kaldu Kokot hingga Sego Tempong

Kaldu Kokot yang disajikan dengan kroket singkong. Foto: Qatrunnada/AreaNews.id

AREANEWS.ID, Surabaya – Setiap daerah memiliki aneka kuliner yang berbeda dengan wilayah lain. Para wisatawan yang berkunjung ke suatu daerah pada akhir pekan, tidaklah sempurna ketika belum menikmati kuliner khas daerah tersebut.

Begitu juga mereka yang berkunjung ke Provinsi Jawa Timur. Jawa Timur memiliki aneka kuliner andalan. Lalu apa saja kuliner khas Jawa Timur? Terdapat beberapa kuliner Jawa Timur yang dirangkum AreaNews.id dari berbagai sumber pada Sabtu, 8 Januari 2021.

Bacaan Lainnya

Kaldu Kokot

Kaldu Kokot merupakan kuliner khas Kabupaten Sumenep. Di kabupaten paling timur Madura ini terdapat beberapa warung di wilayah kota yang menyediakan Kaldu Kokot.

Kaldu Kokot dengan bahan dasarnya kacang hijau dan Kokot sapi atau kikil sapi ditambah rempah-rempah dapur. Ditambah jeruk nipis. Rasanya lezat dan segar. Tidak manis seperti bubur kacang hijau. Kaldu Kokot biasanya disajikan dengan kroket singkong dan lontong.

Soal harga Anda tidak perlu khawatir. Dalam satu porsi antara Rp 30.000 sampai dengan Rp 40.000. Dengan harga segitu Anda dijamin puas dan ingin kembali menikmati Kaldu Kokot.

Pecel Madiun

Sesuai namanya, Pecel Madiun berasal dari Kabupaten Madiun. Selain rasanya yang enak, Pecel Madiun disajikan secara unik dengan menggunakan daun pisang.

Selain sayuran seperti pecel pada umumnya. Nasi pecel juga dilengkapi dengan berbagai lauk tambahan seperti telur, ayam, dan rempeyek. Dulu waktu penjual asongan boleh masuk ke dalam gerbong Kereta Api, Pecel Madiun menjadi langganan penumpang yang melintas di kabupaten yang berada di bagian barat Provinsi Jawa Timur.

Lontong Balap

Pada saat Anda berkunjung ke Kota Pahlawan Surabaya, jangan lupa untuk menikmati Lontong Balap. Lontong balap menggunakan petis udang sebagai kuahnya. Ditambah dengan bawang goreng, tahu dan juga kecambah atau toge.

Berapa harganya? Hanya kisaran Rp 15.000 per porsi.

Sego Tempong

Salah satu kuliner khas Banyuangi adalah Sego atau nasi Tempong. Kuliner ini yang membedakan dengan kuliner lain adalah telur dadar keriting. Telur dadar digoreng dengan minyak goreng yang panas. Rasanya gurih. Lalu berapa harganya? Hanya Rp 12.000 per porsinya.

Selain itu, terdapat beberapa kuliner khas Jawa Timur, seperti Rujak Cingur, Rawon Surabaya, Bakso Malang dan lainnya.

Penulis: Qatrunnada
Editor: Hokiyanto

Pos terkait