Ketua Bawaslu Minta Masyarakat Pro Aktif dalam Pengawasan Pemilu

AREANEWS.ID, BONDOWOSO – Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Bondowoso, Jawa Timur menggelar acara bertajuk “Apel Akbar Siaga Pengawasan Pemilu 2024”. Acara itu dipusatkan di Alun-alun Ki Bagus Asra pada Sabtu, 16 Desember 2023.

Ketua Bawaslu Bondowoso, Nani Agustina mengatakan, dalam apel akbar ini pihaknya berpesan agar masyarakat perlu mengetahui siapa saja penyelenggara pesta demokrasi.

Bacaan Lainnya

Dari itu, masyarakat diharapkan bisa ikut sinergis dan aktif mengawasi berbagai tahapan Pemilu 2024. Utamanya, di tengah-tengah kampanye yang berlangsung hingga 10 Februari 2024.

“Masyarakat juga lebih pro aktif dalam antusiasnya dalam perjalanan pemilu ini. Yang saya rasa masyarakat sekarang lebih kurang untuk antusiasnya untuk terlibat dalam pemilu ini,” katanya.

Lebih lanjut dia menyebutkan, apel akbar menjadi momen penting seluruh jajaran Panwascam dan Pengawas Kelurahan dan Desa (PKD) dengan bawaslu kabupaten bisa bertemu.

Diharapkan bisa mempererat komitmen dalam upaya mengawasi pelaksanaan pesta demokrasi. Misalnya upaya preventif dengan melakukan sosialisasi segencar mungkin terkait netralitas ASN.

“Netralitas ASN di Bondowoso masih on the track, masih normatif semua. Ini juga salah satu upaya bawaslu selama ini yang tidak sia-sia,” katanya.

Disinggung perihal aduan yang sudah masuk ke bawaslu, wanita akrab disapa Nani menyebutkan bahwa sudah ada beberapa aduan yang masuk. Salah satunya aduan tentang Caleg yang masuk DCT, yang melakukan gugatan ke pengadilan negeri.

“Dan itu prosesnya masih kita kaji, dan masih kita tangani,” pungkasnya.

Diketahui, hadir dalam apel pemilu Ketua Komisioner KPU, Junaidi, Kasatpol PP Bondowoso, Selamet Yantoko, Plt. Kepala Bakesbangpol, Arus Agung Sungkowo, perwakilan Polres dan Kodim 0822 serta sejumlah perwakilan partai politik. Serta seluruh Panwascam dan PKD mengikuti upacara tersebut dengan seksama.

Penulis : Abdur Rakib
Editor: Hokiyanto

Pos terkait