Pemkab Sumenep Salurkan Hewan Kurban

AREANEWS.ID, SUMENEP – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sumenep, Jawa Timur melalui Dinas Sosial, Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (Dinsos P3A) menyalurkan puluhan hewan kurban ke sejumlah masjis dan organisasi masyarakat.

Puluhan hewan kurban itu merupakan hasil pengumpulan dari Dinas, Badan, Bagian, BUMN, BUMD dan instansi vertikal sebanyak 36 ekor dengan rincian yakni, sapi 11 ekor dan kambing 25 ekor.

Bacaan Lainnya

“Pemerintah daerah untuk pengumpulan hewan kurban tidak hanya dihimpun oleh Dinsos P3A saja, tetapi diadakan pula di tingkat kecamatan se-Kabupaten Sumenep, yang penyalurannya dilakukan di setiap kecamatan,” kata Wakil Bupati Sumenep Dewi Khalifah saat menyerahkan hewan kurban secara simbolis, di Rumah Perlindungan Sosial (RPS) Dinsos P3A pada Senin, 17 Juni 2024.

Pihaknya mengharapkan, lembaga dan organisasi yang menerima hewan kurban hendaknya menyalurkan dagingnya pada warga yang benar-benar berhak menerimanya. Supaya mereka ikut berbahagia merayakan Iduladha.

“Para lembaga penyalur dalam mendistribusikan daging sapi maupun kambing hewan kurban ini, benar-benar kepada masyarakat yang berhak menerimanya,” terangnya.

Berdasarkan data Dinsos P3A sebanyak 7 kecamatan untuk pengumpulan hewan kurban berjumlah 60 ekor, yakni sapi sebanyak 25 ekor dan kambing sebanyak 35 ekor.

Lebih lanjut mantan wakil rakyat tersebut berterima kasih kepada semua pihak yang telah menyumbangkan hewan kurban tahun ini, untuk berbagi dengan masyarakat yang membutuhkan. Sehingga dengan Iduladha semakin meningkatkan kepedulian sosial.

“Semoga, kita termasuk orang sabar, ikhlas, tawakal yang selalu tawaduk kepada Allah SWT, seperti diajarkan Nabi Ibrahim AS dan Ismail AS agar direalisasikan oleh seluruh ASN dan masyarakat di lingkungannya,” tandasnya.

Sementara Kepala Dinsos P3A Sumenep, Mustangin menyatakan, jumlah pemohon yang mengajukan untuk membantu penyaluran hewan kurban sebanyak 117 lembaga, terdiri dari masjid sebanyak 9 pemohon, musala sebanyak 42 pemohon, yayasan sebanyak 10 pemohon dan organisasi masyarakat 56 pemohon.

“Penyaluran  daging hewan kurban sasarannya kaum duafa dan masyarakat berekonomi lemah dengan ketentuan setiap orang menerima per paket 1 kilogram  daging,” tukasnya.

Penulis: R. Hidayat
Editor: Qatrunnada

Pos terkait