Cara Menjaga Badan Tetap Sehat Saat Pancaroba

Foto: ilustrasi

AREANEWS.ID – Saat memasuki pancaroba atau perubahan musim panas ke hujan seperti dua pekan terakhir ini, beberapa penyakit mulai menyerang anak-anak maupun juga orang dewasa. Misalnya penyakit batuk, demam dan juga asma.

Tetapi penyakit tersebut bukan berarti tidak bisa diantisipasi. Dilansir dari Herbex Health via tempo.co, inilah beberapa tips menjaga kesehatan tubuh agar tetap sehat saat pancaroba:

Bacaan Lainnya

1. Tingkatkan Imun Tubuh 

Peningkatan sistem kekebalan tubuh seyogianya dilakukan sedini mungkin sebelum periode musim pancaroba dimulai. Lakukan dengan cara alami, seperti mengonsumsi buah dan sayur yang kaya akan vitamin dan mineral. Selain itu dapat mengonsumsi suplemen penambah imun tubuh. Ketika imun tubuh terjaga dengan baik, tubuh tidak rentan terhadap serangan virus atau bakteri.

2. Sedia Jas Hujan dan Pakai Jaket

Musim pancaroba ditandai dengan perubahan cuaca ekstrem yang terjadi di hari yang sama sekali pun. Misalnya, hujan dengan intensitas tinggi tiba-tiba turun. Mengantisipasi terjadinya beberapa hal yang tidak diinginkan, sebaiknya selalu sedia jas hujan. Juga jangan lupa membawa jaket untuk melindungi tubuh dari perubahan cuaca.

3. Menjaga Kebersihan

Penyebaran virus dan bakteri marak terjadi selama musim pancaroba berlangsung. Dengan menjaga kebersihan, misalnya selalu mencuci tangan secara rutin, dapat memastikan tidak ada bakteri yang bersarang. Perhatikan juga kebersihan makanan dan minuman yang hendak dikonsumsi.

4. Istirahat Cukup

Pastikan waktu tidur selalu dalam 6-8 jam dalam sehari dan jangan begadang. Tujuannya, agar tubuh tidak terlalu lelah sehingga tubuh tidak mudah terserang penyakit.

5. Asupan Gizi Harian Terpenuhi

Seperti halnya mengonsumsi vitamin, jika memenuhi kebutuhan gizi sehari-hari sangat penting dilakukan untuk menjaga kesehatan tubuh. Ketika asupan gizi harian terpenuhi, maka sistem kekebalan tubuh juga dapat bekerja dengan maksimal untuk melawan penyakit yang masuk selama musim pancaroba.

Sumber:Tempo.com
Editor: Qatrunnada

Pos terkait