Rumah Sakit di Yogyakarta Berikan Vaksinasi Booster 200 Dosis Per Hari

Warga saat antri vaksinasi dosis ketiga di RSPAU Yogyakarta. Foto:Elafara Safitri/AreaNews.id

AREANEWS.ID, Yogyakarta – Rumah Sakit Pusat Angkatan Udara (RSPAU) Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) memberikan vaksinasi dosis ketiga atau booster kepada warga lanjut usia (Lansia). Setiap hari sekitar 200 Lansia disuntik vaksin dosis booster.

Sebab, setelah 6 bulan dosis terakhir disuntikkan, antibodi yang terbentuk dalam tubuh sudah mulai menurun dan tubuh akan rentan terinfeksi kembali. Dari itu, Pemerintah meminta kepada warga yang telah divaksinasi dosis pertama dan ketiga, untuk disuntik booster.

Bacaan Lainnya

Kepala Humas RSPAU dr. S. Hardjolukito Letkol Kesehatan, Wartono menjelaskan, telah disediakan sekitar 1.300 vaksin Astrazenecca.

“Khusus vaksin booster, harus sesuai dengan dosis satu dan duanya. Lebih baik dikonfirmasikan terlebih dahulu, menggunakan vaksin apa. Tidak bisa memilih vaksin sendiri” katanya saat ditemui AreaNews.id pada Rabu, 19 Januari 2022.

Pihaknya menargetkan kuota minimal 200 orang per hari. Apabila lebih dari target, justru lebih bagus. Bahkan dia menyampaikan tidak harus warga asli Kota Pelajar. Masyarakat luar Yogyakarta boleh mendapatkan vaksin dosis ketiga di rumah sakit tersebut.

“Tidak hanya warga Yogyakarta saja yang dapat dilayani, namun warga luar Yogyakarta pun dapat melakukan vaksinasi booster ini di RSPAU dr. S Hardjolukito. Asalkan sebagai masyarakat Indonesia dan memiliki NIK. Siapapun bisa” tegasnya.

RSPAU dr. S Hardjolukito akan membuka layanan vaksin booster mulai dari 18 Januari 2022 hingga waktu yang tidak dibatasi.

Penulis:Elafara Safitri
Editor: Qatrunnada

Pos terkait