Kapolres Bondowoso: Polisi RW Bekerjasama dengan Seluruh Elemen Masyarakat

Kapolres Bondowoso, AKBP Bimo Ariyanto saat menyematkan ban lengan Polisi RW dan rompi secara simbolis. Foto: Abdur Rakib/AreaNews.id

AREANEWS.ID, BONDOWOSO – Polres Bondowoso, Jawa Timur launching program Polisi RW pada Selasa, 23 Mei 2023. Bondowoso memiliki 487 Polisi RW.

Polisi RW merupakan program untuk mendukung dan mewujudkan polisi dekat dengan masyarakat sebagai sosok pelindung, pengayom dan pelayan masyarakat.

Bacaan Lainnya

Kapolres Bondowoso, AKBP Bimo Ariyanto mengatakan, semua anggota Polri dari semua fungsi melaksanakan tugas dan tanggung jawab sebagai pembina Kamtibmas di tingkat RW dengan menampung keluhan warga dan melakukan problem solving.

“Polisi RW hadir di tengah masyarakat agar dapat mencegah gangguan Kamtibmas. Dalam bekerja, Polisi RW bekerjasama dengan seluruh elemen masyarakat,” katanya.

Lebih lanjut dia menyampaikan, polisi RW dibentuk agar menjaga interaksi dan saling memecahkan masalah secara bersama-sama dengan masyarakat. Termasuk pula saling mengembangkan sikap positif, memberikan kesempatan untuk saling memahami tentang kebutuhan atau diperlukan masyarakat.

“Akhirnya prinsip community policing dan restorative justice serta akuntabilitas bisa diterapkan,”jelasnya.

Bimo berharap, Polisi RW di Polres Bondowoso dapat hadir, berbuat, dan bermanfaat bagi masyarakat dengan harapan situasi Kamtibmas wilayah hukum Polres Bondowoso tetap dalam keadaan aman dan kondusif.

“Polisi RW juga merupakan upaya mengembalikan kepercayaan masyarakat kepada Polri dan mengedepankan upaya prefentif dalam mewujudkan stabilitas keamanan dalam negeri (kamdagri),” tukasnya.

Penulis: Abdur Rakib

Editor:Hokiyanto

Pos terkait