Sekolah Lansia Lintas Agama Pertama di Jember

Launching Selantang Lintas Agama di gereja Santo Yusup pada Jum'at, 24 Maret 2023. Foto: dwisugestimega/Areanews.id

AREANEWS.ID, JEMBER-Sekolah Lansia Tangguh (Selantang) hadir di Kabupaten Jember, Jawa Timur. Selantang merupakan program penguatan sumberdaya manusia khususnya mereka yang berada pada usia senja.

Jika umumnya sekolah hanya diperuntukan bagi anak, remaja dan mereka yang masih berusia produktif, di Jember terdapat sekolah yang peserta didiknya adalah para lansia.

Menariknya, selantang kali ini adalah selantang lintas agama yang pertama kalinya ada di Jawa Timur bahkan Indonesia. Lokasi pelaksanaannya di dalam Gereja Santo Yusup

“Peserta kali ini lintas agama, dengan tujuan meningkatkan rasa toleransi dengan total 30-an peserta, ada yang Islam, Budha, Kristen, dan juga Hindu. Pokoknya lengkap, dan ini menjadi selantang pertama di Jawa Timur mungkin juga Indonesia yang punya murid lintas agama,” kata Sekretaris Dinas Pemberdayaan Perempuan Perlindungan Anak dan Keluarga Berencana (DP3AKB) Anna Widyassari, saat diwawancarai AreaNews.id pada Jum’at, 24 Maret 2023.

Sampai saat ini, ada dua Selantang yang ada kabupaten penghasil tembakau. Diharapkan tiap tahun akan ada pertambahan Selantang.

“Kami berharap melalui program ini, lansia mendapat sentuhan dari pemerintah untuk mendapatkan lingkungan yang sejahterah supaya tetap bisa bahagia dan produktif,” imbuhnya.

Dalam pelaksanaannya, selantang nantinya akan berkonsep seperti sekolah pada umumnya yang memiliki kurikulum, kepala sekolah, wali kelas, ketua dan pengurus kelas lainnya.

Melalui pembangunan tujuh dimensi lansia tangguh yang meliputi dimensi spiritual, intelektual, fisik, emosional, sosial kemasyarakatan, profesional vokasional, serta dimensi lingkungan. Para lansia akan mampu memiliki nilai kehidupan yang lebih sejahtera.

Penulis: Dwi Sugesti Mega
Editor: Qatrunnada

Pos terkait