Seratusan Nasib Bakal Calon Kades Nunggu Hasil Scoring

AREANEWS.ID, Sumenep-Pemerintah Kabupaten Sumenep, Jawa Timur akan melakukan Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) serentak 2021. Setelah masa pendaftaran ditutup, diketahui sebanyak 130 Bakal Calon Kepala Desa (Bacakades) di 19 desa masih menunggu hasil skoring.

Pasalnya, mereka terpaksa harus melewati seleksi tambahan berupa tes uji kompetensi (skoring) untuk ditetapkan sebagai Calon Kepala Desa (Cakades).

Bacaan Lainnya

Penyebab dari ratusan bacakades itu harus melewati seleksi tentu karena di belasan desa pendaftar lebih dari batas maksimal yang ditetapkan, yakni 5 orang.

Sementara sesuai regulasi, apabila terdapat desa yang lebih dari 5 pendaftar, maka penetapan cakades ditentukan dengan sistem skoring. Skoring meliputi tingkat pendidikan, usia, pengalaman serta tes kompetensi.

Sesuai SK Bupati, seleksi tambahan Bacakades tersebut akan digelar mulai 10 hingga 21 Juni 2021.

“Total ada 130 orang dari 19 desa akan mengikuti seleksi tambahan tes uji kompetensi di tingkat kabupaten,‚ÄĚkata Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Sumenep, Moh Ramli, pada Senin, 24 Mei 2021.

Mantan Kepala Dinas Sosial lebih lanjut menerangkan, tes kompetensi adalah nilai skoring tambahan yang ditentukan tim kabupaten. Sementara skoring administrasi telah berjalan di pantia tingkat desa.

“Pada akhirnya maksimal hanya akan ada lima bacalon masing-masing desa yang ditetapkan sebagai calon,” terangnya.

Menurutnya, penetapan bacakades oleh panitia Pilkades akan diselenggarakan serentak pada tanggal 22 Juni 2021. “Seleksi tambahan akan digelar 10 sampai dengan 21 Juni 2021,”imbuh Ramli.

Reporter: Hokiyanto
Editor: Qatrunnada

Pos terkait