Rektor UIN Khas Jember Jelaskan Makna Tema Porsi Jawara

Rektor UIN Khas Jember, Prof. Hepni saat sambutan pada pembukaan Porsi Jawara. Foto; Humas UIN Khas Jember/AreaNews.id

AREANEWS.ID, JEMBER – Pekan Olahraga Seni, dan Ilmiah se-Jawa Madura (Porsi Jawara) resmi dibuka pada Rabu, 1 November 2023 malam. Porsi Jawara 2023 digelar di Lapangan Imam Nahrowi Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq (UIN KHAS), Jember sangatlah meriah.

Dalam kegiatan tersebut, tampak hadir beberapa pejabat tinggi, seperti Direktur Pendidikan Tinggi Keagamaan Islam (Diktis), Kementerian Agama Republik Indonesia, Prof. Dr. H. Ahmad Zainul Hamdi, Ketua Forum Pembantu Rektor III PTKIN se-Indonesia, Dr.Abdur Razaki, dan termasuk para rektor PTKIN Jawa Madura.

Bacaan Lainnya

Rektor UIN KHAS Jember, Prof. Hefni Zain menyampaikan, bahwa dirinya empat tahun menjabat sebagai Warek III dan baru 11 hari menjabat Rektor UIN Khas Jember. Sehingga jiwanya masih seperti waktu menjabat Warek III.

“Sukma saya masih di Warek III, tapi levelnya sudah rektor. Ini yang kemudian menyulitkan saya. Saya mencoba memberikan sambutan seakan-akan rektor,” kelakarnya saat memulai sambutan pada pembukaan Porsi Jawara.

Tema Porsi Jawara adalah “Unity in Diversity“. Tema ini menurut Prof. Hepni ada rinciannya. Dimulai dari Ta’aruf (saling mengenal). Ta’aruf antar kontingen. Ta’aruf antar pimpinan kontingen dan ta’aruf antar sesama.

Dari Ta’aruf meningkat menjadi Tafaahum (saling memahami). Saling memahami ideologi masing-masing. Saling memahami budaya masing-masing. Saling memahami tipologi masing-masing.

Kemudian Taroohum (saling menyayangi). Saling menyayangi di antara mereka. Ketika kita saling menyayangi sesama komunitas PTKIN khususnya di Jawa Madura, bahkan se Indonesia. Maka akan mungkin ta’awuun. Saling membantu. Saling menolong.

“Itulah makna terdalam dari makna unity in Diversity. Karena dari itu, akan muncul perubahan. Perusahaan perilaku kita. Komitmen kita. Satu barisan ketika kita memahami empat hal ini,” terangnya.

Selain itu, Prof. Hefni sebagai tuan rumah pelaksanaan Porsi Jawara mengaku sering menyampaikan kepada tim pelaksana bahwa UIN KHAS Jember tidak harus menjadi juara umum.

“Panitia itu harus menjadi pelayan terbaik, sebagai tuan rumah yang baik, dan menjunjung tinggi fair play dan sportivitas. Tujuannya, agar satu sama lain saling akrab, dan saling menguatkan,” tukasnya.

Penulis: Widowati
Editor: Hokiyanto

Pos terkait