Akibat Cuaca Ekstrem, Calon PPS Kepulauan Mengikuti Seleksi Tertulis Susulan

Ribuan calon anggota PPS mengikuti seleksi tertulis. Foto: Hokiyanto/AreaNews.id

AREANEWS.ID, Sumenep –  Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sumenep, Jawa Timur melakukan seleksi tertulis calon anggota Panitia Pemungutan Suara (PPS) Pemilu 2024, Senin 09 Januari 2023.

Jumlah pendaftar PPS sebanyak 3.991 orang yang terdiri dari 334 desa/kelurahan di Sumenep. Tetapi tidak semua peserta calon PPS bisa mengikuti seleksi tertulis yang dipusatkan dua tempat, yaitu Gedung Graha Adi Poday dan Gedung Korpri.

Bacaan Lainnya

Sebab, pendaftar PPS dari Kecamatan Masalembu terkendala cuaca buruk dan angkutan laut. Mereka terpaksa harus mengikuti seleksi tulis susulan. Seleksi tulis susulan ini hanya diberlakukan bagi pendaftar PPS dari kepulauan Masalembu.

Hal itu ditegaskan Ketua KPU Sumenep, Rahbini. Menurutnya, KPU tetap akan melakukan pelayanan tes tulis selama masih tahap pelaksanaan, yaitu sampai tanggal dengan 14 Januari 2023.

“Peserta yang tidak hadir hari ini tidak ada dispensasi, maka akan dinyatakan gugur dengan sendirinya. Tapi kalau peserta yang dari kepulauan Masalembu, karena memang terkendala transportasi dan kondisi cuaca yang sangat ekstrim, maka bisa dilaksanakan susulan,” katanya saat ditemui AreaNews.id di gedung Korpri.

Secara administratif, Kecamatan Masalembu terdiri dari empat desa. Pulau Masalembu berada di wilayah Utara Kota Sumenep. Untuk tiba di pulau ini, membutuhkan perjalan laut sekitar 16 jam dari Pelabuhan Kalianget.

Sementara itu, berdasarkan hasil kordinasi KPU dengan peserta yang berasal dari Masalembu, kapal diprediksi baru akan sandar di Pelabuhan Kalianget sekitar Pukul 12.00 WIB.

“Kami sudah melakukan rapat pleno agar peserta yang dari Kepulauan Masalembu difasilitasi untuk dilaksanakan tes tulis di kantor KPU,” terangnya.

Penulis: Hokiyanto
Editor: Qatrunnada

Pos terkait