Yuk! Intip Manfaat Hubungan Seksual Sebelum Tidur

Ilustrasi (Popmama.com)

AREANEWS.ID-Hubungan seksual bagi pasangan suami istri banyak dilakukan sebelum tidur di malam hari. Meskipun banyak juga yang melakukan pada dini hari atau bahkan pada siang hari.

Berhubungan seksual sebenarnya boleh dilakukan kapan saja, sesuai keinginan dari masing-masing pasangan. Menurut sebuah penelitian, pasangan lebih banyak memilih untuk bercinta di malam hari, yaitu sekitar jam 10 malam hingga jam 2 dini hari.

Beda lagi bagi pasangan yang masih bulan madu atau mereka yang baru selesai melangsungkan akad nikah. Mereka yang lagi dimabuk asmara seakan tiada hari tanpa bercinta. Sehingga tidak mengenal waktu untuk selalu memadu kasih.

Lalu apa manfaat hubungan seksual bagi pasangan suami istri? Dikutip dari alodokter.com pada Selasa, 10 Agustus 2021 inilah beberapa manfaat hubungan seksual ketika dilakukan sebelum tidur malam hari:

1. Membuat Tidur Lebih Nyenyak

Untuk mendapatkan tidur yang berkualitas, kamu bisa melakukan seks di malam hari. Ketika bercinta, tubuh akan melepaskan hormon oksitosin atau hormon cinta. Hormon ini bisa menimbulkan perasaan tenang, nyaman, dan rileks, sehingga kamu dan pasangan bisa tidur dengan nyenyak.

Selain itu, saat orgasme tubuh melepas hormon prolaktin yang bisa membuatmu merasa rileks dan mengantuk. Sejumlah penelitian juga menyatakan jika berhubungan seksual sebelum tidur bisa membantu mengatasi insomnia.

2. Mempererat Hubungan dan Kasih Sayang dengan Pasangan

Selain memberi perasaan nyaman dan rileks, hormon oksitosin yang lepas ketika bercinta dapat menimbulkan perasaan bahagia dan menumbuhkan kasih sayang.

Oleh karena itu, tak heran jika hubungan seks bisa menambah dan meningkatkan rasa cinta dan kasih sayang serta mempererat ikatan emosional antara kamu dan pasangan.

3. Mengatasi Kecemasan dan Stres

Tekanan pekerjaan atau masalah yang tengah dialami dapat menimbulkan stres atau bahkan kecemasan. Berhubungan seks sebelum tidur bisa kamu lakukan untuk mengatasi hal tersebut.

Sentuhan dan pelukan ketika sedang bercinta dapat membuat suasana hati menjadi lebih baik, sehingga rasa kecemasan dan stres pun bisa teratasi. Di samping itu, hubungan intim juga bisa membuat kamu merasa mendapatkan support emosional dan tidak kesepian, sehingga bisa lebih mudah mengatasi stres.

4. Meningkatkan Produktivitas dan Energi

Tidur yang nyenyak dan suasana hati yang membaik setelah bercinta sebelum tidur dapat membuat kamu dan pasangan bisa menyambut hari esok dengan perasaan bahagia. Dengan perasaan yang ceria ini, kalian pun bisa lebih produktif dan bersemangat untuk menjalani aktivitas sepanjang hari.

5. Menjaga Kesehatan Jantung

Seks sebelum tidur atau di waktu lainnya merupakan salah satu aktivitas fisik yang setara dengan olahraga aerobik. Seks juga baik untuk membakar kalori.

Selain itu, berbagai riset membuktikan bahwa orang yang rutin berhubungan seks memiliki tekanan darah yang lebih terkontrol, aliran darah yang lancar, serta fungsi jantung yang lebih baik. Oleh karena itu, berhubungan intim sebelum tidur bisa dijadikan salah satu cara untuk memelihara kesehatan jantung.

 

Sumber:Alodokter.com
Editor: Qatrunnada

Pos terkait