PWI Sumenep Kenalkan Dasar Jurnalistik Kepada Siswa

Pembukaan Safari Jurnalistik. Foto: Hokiyanto/AreaNews.id

AREANEWS.ID, Sumenep – Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Sumenep, Jawa Timur kenalkan materi jurnalistik kepada para para siswa. Hal itu para kuli tinta sampaikan dalam acara bertajuk Safari Jurnalis yang digelar di SMA Negeri Batuan, pada Kamis 11 Juli 2002.

Ketua PWI Sumenep, Syamsul Arifin mengatakan dalam sambutannya, Safari Jurnalistik ini merupakan program tahunan PWI yang difokuskan pada pengenalan mengenai dunia jurnalistik kepada para pelajar. Dalam Safari Jurnalistik ini diikuti 40 siswa.

Bacaan Lainnya

“Kami sengaja menggandeng siswa SMA guna mengenalkan dasar-dasar jurnalistik yang di dalamnya mengenai kode etik dan UU nomor 40 tahun 1999 tentang Pers,” katanya.

Mantan Sekretaris organisasi profesi tertua ini lebih lanjut menjelaskan,
selama Safari Jurnalistik ini memberikan materi tentang produk jurnalistik yang bisa dipertanggung jawabkan di era digital seperti saat ini.

“Di era digitalisasi sekarang ini banyak bertebaran informasi di media sosial. Dengan kegiatan ini nantinya para siswa diharapkan dapat membedakan antara produk jurnalistik dengan produk tulisan di medsos, sehingga lebih bijak ketika menggunakan media sosial,” tuturnya.

Kepala SMA Negeri Batuan, Moh. Sadik, melalui Bagian Kehumasan, Hermin, mengapresiasi kegiatan PWI Sumenep. Dia berharap materi yang diberikan bisa menambah wawasan serta pengetahuan para siswa.

“Besar harapan kami para siswa bisa memahami dasar ilmu membuat berita dan membedakan antara berita fakta dan hoaks. Karena materi yang diberikan di Safari Jurnalistik ini tidak ada di kurikulum sekolah,” ujarnya.

Penulis: Hokiyanto
Editor: Qatrunnada

Pos terkait