Menjelang Libur Nataru, 30 Persen Tiket Kereta Api Daop 9 Jember Terjual

Calon penumpang kereta api Daop 9 antri di stasiun. Foto:Dwi Sugesti Mega/AreaNews.id

AREANEWS.ID, JEMBER – Menjelang libur natal dan tahun baru (Nataru) 2022, penggunaan moda transportasi kereta api di Kabupaten Jember, Jawa Timur mengalami peningkatan.

Buktinya per hari ini, Jumat 16 Desember 2022, sebanyak 30 persen dari jumlah 188.352 kursi yang disediakan PT KAI daerah operasi (Daop) 9 Jember sudah terjual.

Daop 9 Jember dalam 18 hari masa operasi angkutan Nataru menyiapkan sebanyak 18 kereta api per hari. Pihaknya mengantisipasi lonjakan pemesanan tiket. Sehingga pemesanan tiket mulai dilayani sejak H-45 hari sebelum pemberangkatan.

“Tiket sudah bisa dipesan H-45 hari sebelum keberangkatan, pembeliannya tentu melalui KAI Acces atau platform resmi yang dapat digunakan untuk memesan tiket,” terang Pelaksana Tugas Manager Hukum dan Humas Daop 9 Jember, Azhar Zaki Assjari, saat ditemui AreaNews.id.

Zaki menambahkan, setikdaknya terdapat 11 lokasi rawan banjir dan longsor yang berada pada Daop 9. Mengantisispasi hal yang tidak diinginkan, pihaknya menyiapkan Penjaga Daerah Rawan (PDR) pada tiap daerah rawan.

“Tugasnya untuk mengawasi apabila terjadi banjir ataupun tanah longsor, sehingga kereta bisa diberhentikan demi keselamatan perjalanan,” ujarnya.

Lebih lanjut dia menjelaskan, puncak lonjakan penumpang angkutan Nataru diprediksi terjadi pada 23-25 Desember dan 30-31 Desember nanti.

Selain mempersiapkan armada, Daop 9 Jember juga telah melakukan persiapan pengamanan terkait angkutan Nataru di dalam stasiun guna kenyamanan dan keamanan para penumpang. Termasuk para petugas dilakukan pemeriksaan narkoba untuk memastikan petugas bebas dari barang haram tersebut.

“Seluruh petugas kami sudah menjalani pemeriksaan narkoba bersama BNN dan hasilnya negatif. Kami siap melaksanakan layanan angkutan Nataru dengan sebaik-baiknya,” pungkasnya.

Penulis:Dwi Sugesti Mega
Editor: Hokiyanto

Pos terkait