Membaca Tanda-tanda Bahasa Tubuh Pasangan Anda Selingkuh

AREANEWS.ID-Prodes penyampaian pesan terbagi dua, yakni verbal (lisan atau tulisan) dan nonverbal (bahasa tubuh). Bahasa tubuh merupakan proses pertukaran pikiran dan gagasan di mana pesan yang disampaikan dapat berupa isyarat, ekspresi wajah, pandangan mata, sentuhan, artifak, diam, waktu, suara, serta postur dan gerakan tubuh.

Setiap orang boleh berkata tidak sesuai dengan fakta. Tetapi tubuh mereka sulit untuk diajak kompromi, misal menyembunyikan sesuatu yang tidak benar.

Bacaan Lainnya

Lalu bagaimana membaca bahasa tubuh pasangan suami istri atau pacar yang diam-diam punya simpanan lain?

Pasangan berubah sikap menjadi tidak semanis dulu tentu menyebalkan, apalagi jika pasangan ketahuan selingkuh. Sayangnya, rasa curiga belum tentu valid membuktikan pasangan benar-benar selingkuh atau tidak.

Kebenarannya ternyata bisa dibuktikan lewat bahasa tubuh. Ketidakjujuran bisa terlihat dari romantisme dan perbedaan kemesraan yang diberikan pasangan lewat gerak-gerik tubuhnya.

“Salah satu ciri adalah lewat bahasa tubuh berupa sistem saraf pusat yang bisa menjadi tanda bahaya bahwa ada sesuatu yang salah,” kata Pakar Bahasa Tubuh dan penulis buku SNAP: Making the Most of First Impressions, Body Language, and Charisma, Patti Wood, seperti dilansir dari Cosmopolitan, sebagaimana dilansir dari laman Jawapos.com, pada Rabu, 28 April 2021.

Merawat Diri

Ketika pria mulai merawat diri, seorang pasangan atau istri dan suami wajib curiga. Saat mulai mempercantik diri atau membuat dirinya rapi secara tiba-tiba, maka cobalah bertanya. Kemudian jika merasa tersinggung atau tak mau mendengarkan cerita soal perselingkuhan teman, bisa jadi itu membuatnya gerah.

Mengangguk ‘Ya’ saat Mengatakan ‘Tidak’

Ketika pasangan kikuk menjawab pertanyaan, hal itu juga bisa menjadi sinyal ada yang disembunyikan. Misalnya mengangguk berkata ‘ya’ padahal jawabannya ‘tidak’.

Tak Memeluk Usai Berhubungan Seks

Pasangan enggan melakukan sentuhan mesra usai berhubungan seks. Wood memperingatkan ini bisa menjadi pertanda besar bahwa dia memiliki pasangan lain yang lebih lekat padanya secara emosional. Cobalah tanyakan dengan baik-baik kepada pasangan.

Dia Menepuk Punggungmu

Ketika seseorang tak ingin memeluk pasangan mereka bisa hanya berupa pelukan basa-basi sambil menepuk punggung, itu bisa jadi pertanda ketidaksetiaan pada pasangan.

Ekspresi Wajahnya

Isyarat wajah mikro adalah ekspresi wajah yang melintas cepat di wajah. Misalnya 40 detik dari ekspresi wajah yang berbeda.

Menyembunyikan Telapak Tangannya

Ketika orang-orang menyembunyikan tangannya, itu berarti mereka sedang tidak jujur. Misalnya saat berbicara, pasangan tak sengaja menaruh tangannya di saku atau di bawah meja, itu mengindikasikan ketidakjujuran. Coba tanyakan padanya pertanyaan tentang kesetiaan dan perhatikan apa yang dia lakukan dengan tangannya.

Menutup Mulutnya

Menutup mulut ketika mendiskusikan kesetiaan, bisa menjadi tanda dia tidak tahu apakah dia berbohong atau tidak. Sebab tandanya, mereka sedang menahan informasi.

Pola Matanya Berubah

Gerak mata berubah ketika mendiskusikan subjek yang sensitif. Jika pola matanya bergeser secara signifikan dari normalnya ketika bicara soal hal spesifik, itu bisa menjadi tanda. Misalnya, jika dia biasanya melihat ke atas dan ke kanan saat menjawab pertanyaan, tetapi tiba-tiba dia melihat ke bawah dan ke kiri saat ditanya soal kesetiaan.

Menyembunyikan Telepon

Dia sangat menyimpan rahasia dengan teleponnya. Pria yang menjauhkan layar ponselnya dari pasangannya adalah pertanda buruk. Jika pasangan menghalangi layar ponselnya dari penglihatan Anda, maka cukup untuk dicurigai.

Sumber:JawaPos.com

Editor:Qatrunnada

Pos terkait