Tahun Ini Calon Haji Kembali Tak Gagal Berangkat, Kemenag Sumenep:Sabar

Ilustrasi haji

AREANEWS.ID, Sumenep-Jamaah Calon Haji (JCH) kembali harus bersabar setelah Menteri Agama (Menag) Yaqut Cholil Qoumas memutuskan membatalkan pemberangkatan penyelenggaraan ibadah haji 2021.

Hal tersebut tertuang dalam keputusan Menteri Agama Nomor 660 Tahun 2021 tentang pembatalan keberangkatan jemaah haji pada penyelenggaraan ibadah haji tahun 2021.

Bacaan Lainnya

“Keputusan ini berlaku nasional, termasuk di Kabupaten Sumenep. Jadi, tahun ini tidak berangkat,” kata, Kasi Penyelenggaraan Haji dan Umrah Kantor Kemenag Sumenep, Innani Mukarromah pada Jumat, 4 Juni 2021.

Terdapat 671 (JCH) di Sumenep yang direncanakan berangkat tahun ini. Kuota tersebut sama seperti kuota tahun 2020 lalu. Mereka harus menunggu keputusan pemberangkatan dari pemerintah pada tahun 2022 mendatang.

“Tapi, masih melihat situasi Corona dan keputusan Pemerintah Arab Saudi selaku tuan rumah. Jika pemberangkatan (ada) ya berangkat,” ujarnya.

Lebih lanjut Innani mengungkapkan , pihaknya tidak bisa berbuat lebih untuk memperjuangkan agar ada pemberangkatan jamaah haji tahun ini. Dirinya hanya mengimbau masyarakat terutama CJH untuk bersabar dan menerima keputusan itu dengan ikhlas. Pihaknya meyakini keputusan tersebut yang terbaik, mengingat saat ini wabah Virus Corona termasuk di Indonesia belum berakhir.

Oleh sebab itu dia mengajak semua JCH di Sumenep untuk terus meningkatkan ketakwaan kepad Allah, sehingga penundaan keberangkatan tidak menggoyahkan keimanan yang telah tertanam selama ini. Selain itu semua masyarakat termasuk JCH senantiasa menjalankan protokol kesehatan (Prokes) Covid-19 dalam kehidupan sehari-hari.

“Mari kita bersabar, mungin akan diangkat derajatnya bersama oleh Allah dan akan diberi predikat taqwa oleh Allah,” imbuhnya.

Reporter: Hokiyanto
Editor:Qatrunnada

Pos terkait