UIN Khas Jember Sukses Gelar Porsi Jawara

Rektor UIN Khas Jember, Prof. Hepni saat menyerahkan piara. Foto: Humas UIN Khas Jember/AreaNews.id

AREANEWS.ID, JEMBER – Pekan Olahraga, Seni, dan Ilmiah se Jawa dan Madura (Porsi Jawara) yang digelar selama empat hari resmi ditutup pada Sabtu, 4 November 2023 malam.

Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq (UIN KHAS) Jember, Jawa Timur sebagai tuan rumah sukses menggelar event regional.

Bacaan Lainnya

Selain itu, UIN Khas Jember mampu mematahkan persepsi bahwa tuan rumah pasti juara umum yang selama ini terjadi pada event-event regional maupun nasional.

Perolehan medali, UIN Khas berada diurutan ketujuh. Hal ini sebagai bukti pelaksanaan Porsi Jawara menjunjung sportivitas dan fair play.

Rektor UIN KHAS Jember, Prof. Dr. Hefni Zain saat pidato penutupan Porsi Jawara mengatakan, sesungguhnya juara yang sejati itu adalah kejujuran, komitmen, dan tanggungjawab.

“Kehadiran 18 kontingen di Porsi Jawara layak sebagai bukti duta terbaik masing-masing PTKIN. Perlu mendapat apresiasi yang tinggi dari segenap pimpinan PTKI,” terangnya.

Sebagai duta terbaik, Prof Hefni mengutip pemeo atau pribahasa semboyan, bahwa dengan agama hidup terarah, dengan ilmu hidup mudah, dengan seni hidup indah.

“Dengan olahraga, hidup kita sehat wal afiyah” ujar alumni PP. Annuqayah Guluk-guluk, Sumenep.

Prinsip pelaksanaan Porsi Jawara, tidak lepas dari buah matang pikiran Kiai Haji Achmad Siddiq, yaitu Tri Ukhuwah. Prof. Hefni tegaskan, bahwa kesesuaiannya dengan event Porsi Jawara sama-sama berupaya menjangkau persatuan, kekuatan, dan kemenangan.

“Tidak pernah ada M tanpa kekuatan, dan tidak ada kekuatan tanpa persatuan, dan persatuan lahir dari proses kolaborasi dan sinergi,” tukasnya.

Penulis: Widowati
Editor: Hokiyanto

Pos terkait