Geliat Rental Komik di Jember Tetap Eksis Ditengah Gempuran Digitalisasi

Tosan Pangudi atau Pak Oce aaat ditemui di Rental Komik miliknya. Foto: dwisugestimega/AreaNews.id

AREANEWS.ID, JEMBER– Siang itu, di tengah hiruk pikuk serta panasnya kota, terlihat pria tua sedang menata buku komik di toko buku miliknya. Pria tua itu salah satunya yang menyewakan rental komik di Kabupaten Jember, Jawa Timur hingga saat ini.

Setelah lama berdiskusi, akhirnya pria tua tersebut mulai menceritakan perjuangannya hingga bisa mengoleksi buku komik yang dia beli satu persatu hingga bisa mendirikan rental komik di era buku digital dan maraknya toko modern yang kini tersedia.

Bacaan Lainnya

Dia adalah Tosan Pangudi atau kerap disapa Pak Oce yang membuka rental buku yang berada di dekat Mapolres Jember. Sebelum membuka rental komik dan mengoleksi buku, Oce muda awalnya tidak suka membaca dan lebih tertarik ke dunia seni seperti menggambar dan melukis.

Bahkan, kegiatan membaca tidak pernah terbesit didalam pikirannya. “Saya sebenarnya dari masa sekolah tidak punya hobi membaca, saya lebih suka menggambar karena lebih bebas,” katanya saat ditemui AreaNews.id pada Rabu, 21 Juni 2023.

Pria berusia 55 tahun itu, menceritakan bahwa hal ini dimulai saat menduduki bangku sekolah menengah atas. Berawal dari temanya yang suka membaca komik hingga dirinya ditawari buku komik juga untuk dibaca.

“Awalnya saya dipinjami buku karena teman saya yang menceritakan kisah di komik tersebut sangat antusias hingga saya pun penasaran dan meminjam buku komiknya,” lanjutnya

Setelah lulus SMA, Oce mulai gemar membaca buku komik hingga mengoleksi dan membelinya dengan uang tabungannya sendiri.

Dirinya tak segan ke luar kota mengendari motor kesayangannya demi membeli buku incarannya. Setelah buku koleksinya sudah banyak. Temannya mulai menyarankan untuk menyewakan dan merental komik miliknya.

Awalnya hanya sebatas menawarkan ke teman-teman terdekat, siapa sangka itu menjadi awal dari naiknya indistri rental komik miliknya.

Beberapa bulan kemudian, uang hasil rentalan komik tersebut bisa digunakan untuk membeli mobil pribadinya dimasa itu, dan pada akhirnya mengantarkan Oce membuka rental buku komik sendiri didepan rumahnya sampai saat ini.

Meskipun saat ini rental komik sudah jarang ditemui karena zaman juga telah berubah. Tetapi halangan tersebut tidak menyurutkan Oce dan kecintaannya pada buku cetak sampai tetap membuka rental komik hingga kini.

“Pecinta komik di Jember masih ada hingga sekarang, dan saya ingin memfasilitasi mereka sebisa saya. Ada beberapa pihak yang menawarkan untuk membeli buku komik persewaan saya tapi berapa pun uang yang dibayarkan, saya tetap tidak mau. Karena persewaan ini memiliki banyak sejarah bagi kehidupan saya,” imbuh pria kelahiran 1968 itu.

Meski terdengar konyol bagi masyarakat lainnya tapi itulah kecintaan dan kesetian Oce dalam buku. Dan kini telah menjadi rental komik satu-satunya yang masih buka hingga saat ini.

Penulis: Dwi Sugesti Mega
Editor: Hokiyanto

Pos terkait